Menonton televisi memang telah menjadi suatu kegiatan yang sering dijumpai dan dilakukan oleh semua orang saat sekarang ini. Dalam kehidupan sehari-hari orang-orang telah menjadi terbiasa dengan ke…
Studi mengenai media massa memiliki sejarah panjang dan menarik yang mendhului disiplin ilmu komunikasi itu sendiri. Buku ini membahas teori komunikasi yang telah mengalami kemajuan lebih dari 60 t…
Dalam kehidupan sehari-hari setiap individu menggunakan berbagai media komunikasi, baik yang konvensional maupun media online, disesuaikan dengan kebutuhannya. Dalam buku ini penulis menyampaikan b…
Manajemen media massa merupakan proses transformasi manajemen dalam mengelola komunikasi melalu media massa yang terjadi dalam beberapa tahapan untuk pencapaian tujuan. Keberhasilan manajemen media…
Keberadaan media massa yang berkembang pesat dalam skala global, yang melahirkan image, citrra, tanda, pesan / informasi pada akhirnya telah menambah & memenuhi ruang individu dalam kehidupan sehar…
Perkembangan teknologi dan media massa turut membentuk preferensi musik remaja. Kecenderungan preferensi musik terbentuk karena pengaruh dari budaya popular atau yang sedang menjadi tren di masyara…
Berbagai riset tentang hubungan media dan khalayak ini tidak sekedar berhenti pada aspek pengukuran seberapa banyak khalayak mengakses media, tetapi telah berkembang seiring dengan karakteristik me…
Buku ini menyajikan prosiding terpilih dari dua seri Konferensi MAD pada tahun 2020-MAD Blockchain 2020 dan MAD Artificial Intelligence 2020. Kedua acara ini berfokus pada penerapan teknologi baru …
Buku ini menyajikan penjelasan bersifat informatif dan analisis hubungan antara televisi dan masyarakat yang pluralistik melalui kkonsep pemikat nalar, mendeskripsikan beragam pisau analisis teori…
Buku ini memuat dan membahas tentang bagaimana kuatnya pengaruh media massa terhadap masyarakat sehingga dapat dikatakan telah mencapai tahap menginvasi masvarakat dengan dampak dan efeknya. Bukan …
New media (media online dan media sosial) telah hadir sebagai efek dari kemajuan teknologi. Keinginan manusia untuk saling terhubung satu sama lain dan keinginan untuk mendapat informasi sebanyak-b…
Buku ini merupakan refleksi atas realitas di ruang publik dengan perspektif etika komunikasi. Melalui buku ini maka pembaca diajak menumbuhkan kritisisme dan rasionalitas dalam menghadapi realitas …
Zaman telah bergerak, demikian pun dengan perkembangan media massa yang semakin mengemuka saat ini. Siapapun berlomba menuangkan tulisannya untuk media cetak, elektronik, dan internet. Sayangnya, t…
Cold War Camera mengeksplorasi mediasi visual Perang Dingin dan menerangi peran fotografi dalam membentuk cara-cara penuntutan dan pengalamannya. Para kontributor menunjukkan bagaimana kamera mempe…
Penelitian ini bertujuan mencari adanya korelasi antara media massa televisi dengan kegemaran anak terhadap lagu pop dewasa. Subjek penelitian adalah 45 orang siswa. Dalam penelitian korelasional i…
Melalui penetian ini dapat diketahui bahawa kritik teater modern di Yogyakarta belum tampil dengan maksimal terbukti selama kurun waktu 10 tahun hanya ditemukan 4 orang kritikus teater yang cukup p…
Buku karangan Arthur Asa Berger ini berisi tentang panduan praktek teknik analisis media yang ditulis dengan jelas. Ditulis oleh pengarangnya dengan ilustrasi yang kreatif. Buku ini menuntun pembac…
Penciptaan fotografi ekspresi ini bertujuan merepresentasikan isu-isu yang beredar di media massa selama pandemi Covid-19 ke dalam medium fotografi dengan memvisualkan dampak pandemi terhadap isu-i…
Reformasi pada 1998, sebagai peristiwa politik dan hukum, telah mengubah sendi ketatanegaraan Indonesia. Salah satunya membuka ruang munculnya lembaga negara bantu (auxiliary agent) atau yang lazim…
Secara garis besar komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orangBuku ini membahas pengertian komunikasi masaa, hambatan yang bisa terjadi dalam ko…
Pemenang Penghargaan Clifford G. Kristen untuk Penelitian dalam Etika Media, Etika Media Hidup Michael Bugeja berpendapat bahwa konvergensi moral sangat penting untuk mengatasi masalah kompleks dar…
Media massa adalah kumpulan banyak organisasi dan dengan segala kepentingannya yang beragam, bahkan termasuk yang salin bertentangan. ltu sebabnya media modern, yang dalam buku ini disebut Sebagai …
Buku ini mengulas tentang komunikasi umumnya dan jurnalistik khususnya yang ditulis oleh para pakar. Pada bagian awal buku ini membahas mengenai landasan teori tentang pers. Penulisan buku ini sang…
Buku ini mengupas perkembnagan baru dalam teori komunikasi massa dan perubahan di bidang komunikasi. Selain mengupas tuntas seluk-beluk komunikasi mulai dari awal perkembangannya sampai era cyber c…
Buku ini menjelaskan secara menarik peran propaganda media massa dalam rekayasa opini publik. Buku ini membedah bagaimana para penguasa sebenarnya memiliki tujuan yang kontraproduktif dengan keing…
Buku ini berisi materi-materi yang sebagian dikumpulkan dari bahan pelatihan yang pernah ditulis dan pernah disampaikan penulis dan kemudian digabungkan dengan ilmu jurnalistik. Materi-materi terse…
Dampak muatan berita, sensasi, hiburan atau opini sebuah artikel akan diserap berdasarkan kebutuhan masyarakat pembaca. Sebuah tulisan bisa menjadi wakil dari persoalan yang sudah menjadi kepenting…
Sementara pers dan masyarakat dapat dilihat sebagai dua kepentingan yang berbeda, namun keduanya adalah pembawa muatan nilai dan budaya yang menjiwai masyarakat yang bersangkutan. Oleh karena itu …
Pasca-Orde Baru, kuasa negara dalam mengatur industri media jatuh ke tangan kaum oligarki. Mereka menentukan selera busana dan mendikte cara mengisi waktu luang. Memilihkan presiden dan mengarahkan…
Buku ini memberikan gambaran tentang peran media massa di Indonesia, menguraikan bagaimana demokratisasi media berjalan dan tantangan yang dihadapi, serta sejauh mana peran negara harus dilakukan. …
Buku ini merupakan buku yang ringkas dan mudah dibaca mengenai topik sosiologi media bagi para peminat cultural studies secara luas. Media dan Budaya Populer menggali pelbagai konsep sosiologis yan…
Pers, radio, televisi, iklan dan fotografi masing-masing memiliki cara khas mengontruksi dan menyampaikan pesan. 'Bahasa' mereka, yang terbentuk dari ucapan dan teks tertulis, gambar diam dan berge…
Buku ini secar aspesifik mengulas agenda setting media massa bekerja dalam tataran teoritis tetapi juga praktis. Secara teoritis akan mengurai proses terbentuknya agenda setting baik secara filosof…
Seiring dengan perkembangan peradaban manusia kontemporer, antropologi yang selama ini lekat dengan hal-hal eksotis, masyarakat berskala kecil dan homogen seringkali justru dianggap belum mampu men…
Buku ini terbagi dalam 7 bab yang menjelaskan mengenai hakikat komunikasi, televisi sebagai media massa, perkembangan media elektronika di Indonesia, pernan alat peraga dalam pendidikan, televise d…
Buku ini terdiri atas tiga bagian besar. Pertama, mengupas ruang lingkup hokum secara umum, sebagai pintu masuk kea rah bahansan hokum dan etika media massa. Kedua, membedah secara terperinci hokum…
Buku ini menawarkan ide-ide dan solusi alternatif mengenai berbagai isu dalam pertelevisian dan dilengkapi dengan undang-undang penyiaran. Industri pertelevisian Indonesia yang mulai berkembang sej…
"Matinya Media" adalah sebuah buku yang berbicara dengan nada geram dan penuh kekuatiran tentang media massa. Buku ini memperingatkan bahwa bila masyarakat sipil tidak cukup mengambil langkah-langk…
Buku ini memaparkan secara ringkas teoritis sekaligus praktis yang dapat mengantarkan pembaca tak hanya mengenal dunia jurnalistik, namun juga mampu menghasilkan tulisan - tulisan jurnalistik yang …
Dalam pengelolaan pers di tanah air, sesungguhnya ada aturan main yang menjadi acuan bagi setiap wartawan, yaitu kode etik jurnalistik. Pedoman yang dimuat dalam kode etik jurnalistik secara umum m…
Untuk menghindari serbuan media massa dan amsyarakat yang sesak media, upaya mengembangkan literasi media atau populer dengan sebutan melek media dikalangan masyarakat dipandang lebih realistis unt…
Penulis merupakan seorang manipulator media. Di Sebuah dunia tempat berita dikendalikan dan diputarbalikkan oleh par blog, pekerjaan penulis adalah mengendalikan blog-blog tersebut, dalam kadar yan…
Komunikasi massa adalah komunikasi yang menggunakan media massa ( modern ) baik cetak maupun elektronik, jadi mempelajari komunikasi massa berarti kita juga mempelajari media massa. Karakteristik, …
Buku ini menuntun pembaca untuk dapat membongkar kuasa yang ada dalam setiap wacana media, terutama dalam mengungkap lebih jauh motif dan misi yang tersembunyi di balik wacana media massa. Referens…
Buku ini berisi untaian makalah-makalah atau kertas kerja karya Prof. Bagir Manan ketika melakukan ceramah, mengajar atau memberikan sambutan. Untuk memberikan “originalitas” dari “sentuhan�…
Rasa empati terhadap peristiwa kemanusiaan menjadi latar belakang ide penciptaan karya seni grafis. Kemudian ketakutan-ketakutan penulis terhadap kematian yang seolah-olah segera menjumpai setiap h…
Pendataan perusahaan pers tahun ini memasuki babak baru, setelah Piagam Palembang dideklarasikan pada tanggal 9 Februari 2010, di Palembang. Pada dasamya tugas pendataan yang dilakukan oleh Dewan P…
Media massa, karena hanya menjadi pembawa message, kerap diberi batasan tak boleh menganggap dirinya sebagai pemeran utama. Para pemeran utama dalam media tetaplah laporan peristiwa atau opini sumb…
Sebagai pilar perubahan suatu bangsa, media massa memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dalam mengarahkan perilaku masyarakat. Salah satunya, adalah peran media massa dalam mengonstruksi realitas p…
Kapitalisme telah hadir dan tumbuh masuk ke dalam kehidupan media. Kelangsungan hidup media ternyata menjadi satu jawaban dan membuka ruang untuk menerima kapitalisme. Mau tidak mau, atau terpaksa …