Berita

29 June 2022 : Agenda Tali Kasih UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

24 June 2022 : Briefing Pagi Pegawai UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

20 May 2022 : Perpustakaan ISI Yogyakarta Menjadi Tempat UTBK

28 April 2022 : Pengumuman Layanan Perpustakaan Per 1 Mei 2022

2 April 2022 : Perpustakaan ISI Yogyakarta Sukses Menggelar Seminar Nasional

23 March 2022 : Seminar Nasional Dengan Tema Kompetensi Pustakawan Di Era Digital: Menyeimbangkan Antara Hard & Soft Skill

21 March 2022 : Layanan UPT Perpustakaan Massa PPKM Level 4 Covid-19

8 March 2022 : UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta Menjadi Tuan Rumah RAKERNAS FPPTI 2022

16 February 2022 : Kunjungan Kerja Perpustakaan Politeknik ATK Yogyakarta

14 February 2022 : Layanan UPT Perpustakaan Massa PPKM Level 3 Covid-19

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Masuk
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Kapitalisme media : Ekonomi politik berita dan diskursus televisi

Buku Teks

Kapitalisme media : Ekonomi politik berita dan diskursus televisi

HARAHAP, Machyudin Agung - Nama Orang;

Kapitalisme telah hadir dan tumbuh masuk ke dalam kehidupan media. Kelangsungan hidup media ternyata menjadi satu jawaban dan membuka ruang untuk menerima kapitalisme. Mau tidak mau, atau terpaksa atau memang harus seperti itu semua tentu dalam kesadaran media. Kesadaran pelaku media. Bukan kah kesadaran semu yang di bangun oleh media atau memang persaingan yang telah menuntut pelaku media harus berbagi dengan kapitalisme. Tentu dalam buku ini di bahas dengan istilah “ Market Driven”. Kendali pasar telah membuka ruang kapitalisme hidup pada media. Kajian Market Driven atau Kendali Pasar adalah perspektif yang masih baru untuk diperbincangkan dalam waktu lima tahun terakhir di Indonesia. Buku ini mengulas kendali pasar di Televisi. Tumbuhnya media televisi setidaknya menggambarkan sebuah praktek media, bukan hanya di tempatkan sebagai organisasi yang memiliki ruang pemberitaan dengan produksi pesan semata, tetapi sekarang sudah bergerak menjadi industri produk pesan. Sama halnya sebuah industri yang menghasilkan barang atau jasa, dimana memperhatikan proses distribusinya, selain itu juga memperhatikan pesaingnya. Pelaku media tidak bisa tidur nyenyak kalau acara atau program-program yang mereka tayangkan ratingya turun. Karena setiap jam, menit bahkan detik adalah sebuah persaingan yang membuat pelaku media untuk tidak lengah dan lelah bahkan sedikit bersabar untuk menang dengan mampu menarik jumlah penonton yang banyak dan iklan yang terus masuk. Persoalan-persoalan penting seputar kendali pasar di televisi lebih nampak di bandingkan di media cetak. Karena bingkai televisi lebih menggoda pemilik modal dan kekuasaan untuk terus bisa mendekati khalayak yang pada dirinya butuh suara. Akibatnya suara yang di miliki oleh khalayak berakhir pada representasi kekuasaan yang berujung kepada kesenangan dan kebahagiaan pemilik modal. Konglomerasi pada industri televisi memang sudah terjadi. Realita ini seolah mengalir dari kepentingan beberapa individu di republik ini yang mengganggap bahwa kepemilikan televisi lebih memiliki nilai lebih dan punya prestise. Sehingga agenda yang di bangun adalah ekonomi politik untuk mendorong kapital masuk lebih besar. Ekonomi politik adalah konsep yang menyelimuti praktek dari kendali pasar yang berujung pada bagaiman media harus menyusun diskursus melalui berita dalam hal ini. Batasan pada berita, khususnya berita politik. Lebih disebabkan karena wacana yang di bangun dari berita politik lebih terlihat jelas dalam sebuah konstruksi kekuasaan


Ketersediaan
BK201822963330.112 Har k c.1Ruang Tandon Lt 4Tersedia
BK201823970330.112 Har kRuang SirkulasiTersedia
BK201824014330.112 Har k c.3Ruang SirkulasiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
330.112 Har k
Penerbit
Yogyakarta : Aura pustaka., 2013
Deskripsi Fisik
xiv, 181 hal. ; 24 cm
Bahasa
INDONESIA
ISBN/ISSN
978-602-9969-59-7
Klasifikasi
330.112
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Televisi
media massa
Media komunikasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Visitor
  • Login Pustakawan

  • Beranda
  • Kirim Saran & Pertanyaan
  • Usul Tambah Koleksi
  • OPAC Pascasarjana
  • Koleksi Digital
  • E-Journal

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa


Statistik Pengunjung Online

Cari

Custom Search



© 2022 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik