Perkembangan desain komunikasi visual tidak lepas dari peran pendidikan akademis. Kurikulum, sarana prasarana, kompetensi, dan kapasitas dosen sebagai garda depan pembaruan desain komunikasi visual…
Desain komunikasi visual dalam konteks perancangan maupun pengkajian memberikan sumbangan yang signifikan terhadap upaya membangun peradaban literasi desain komunikasi visual. Perancangan desain ko…
Facebook adalah salah satu jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman-temannya. Facebooker (fesbuker) adalah istilah yang disematkan pada pengguna Facebook. FB sudah menjadi …
Teks visual adalah kesatuan paket ekspresi teks sosial, teks kultural. Urai makna sekaligus temu tunjuk probl;em budaya yang timbul dari karya budaya visual menjadi rangkaian jawaban dari persoalan…
Desain komunikasi visual merupakan sebuah ilmu yang saat ini sedangberkembang pesat, tapi belumm banyak buku yang menganalisisnya dari sudut pandang semiotika. Buku Sumbo Tinarbuko ini menawarkan s…
Buku ini mencoba merealisasikan iklan politik sebagai sebuah ‘realitas kedua’ (second reality) dengan aspek-aspek komunikasi visual yang berperan membangun citra-citra di dalamnya, serta relasi…
Ketika desain komunikasi visual menjadi bagian dari produk kebudayaan massa, maka ia mengemban tugas khusus, yaitu bagaimana upayanya agar berfungsi sebagai penanda visual atas eksistensi kebudayaa…
Buku ini berupaya memberikan sebuah interpretasi terhadap keilmuan semiotika iti sendiri, yaitu semiotika sebagai sebuah metode pembacaan karya komunikasi visual. Isi buku membahas iklan baik iklan…