Besarnya jumlah tenaga kerja yang ada di Indonesia belum mampu diserap semuanya oleh kesempatan kerja yang ada, karena saat ini belum ada keseimbangan antara jumlah tenaga kerja yang ada dengan ket…
Buku ini merupakan usaha untuk memperkenalkan sebagian bidang desain komunikasi visual yang multifaset, dimana desain komunikasi visual kini telah sampai pada tahap ketiga. Pada tahap ini perhatian…
Buku "Pameran dan Penayangan Karya Seni Media Rekam: Accelerate, Create, Innovate Media Rekam ISI Yogyakarta" adalah sebuah karya yang menggali lebih dalam mengenai penerapan dan peran media rekam …
Mengambil posisi yang provokatif, buku ini berargumen bahwa kekerasan di televisi telah disalahartikan. Alih-alih merusak tatanan sosial, televisi justru mendukung keteraturan dengan menyediakan sa…
Bunga rampai ini tersusun atas 18 artikel ilmiah yang merupakan kontribusi para kolega Alexandri Luthfi, baik yang berasal dari ISI Yogyakarta di FSR, FSP, dan FSMR maupun kolega dari seniman dan a…
Buku ini merupakan panduan lengkap dan jitu mengenai kajian komunikasi, cultural studies, dan media. Buku ini memadukan sejumlah konsep kunci yang mungkin anda perlukan dalam format yang dapat diak…
Penelitian ini berangkat dari pengalaman empiris keluarga, topik klitih dipilih dalam penelitian ini, karena penting dan sangat emosional bagi penulis. Klitih merupakan salah satu permasalahan kota…
Mitos bahaya keluar pada waktu maghrib sebagai sebuah edukasi pada masyarakat yang beredar secara lisan menyatakan bahwa adanya hantu kolong wewe yang mengejar anak kecil di waktu maghrib, yang man…
Goa Jatijajar merupakan sebuah wisata Gua Alam yang memiliki keindahan alam dan kisah legenda maupun sejarah di dalamnya. Namun adanya pandemic covid-19 pada tahun 2020 lalu, wisata ini ditutup seh…
Perancangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan generasi muda terhadap warisan budaya dalam bentuk permainan tradisional daerah. Permasalahan tersebut terjadi disebabkan oleh beberapa …
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah media edukasi pada anak-anak berupa animasi 2D yang mengangkat tentang konservasi penyu atau perlindungan terhadap penyu. Masih minim nya pengetahuan…
Perancangan ini dibentuk berdasarkan fenomena "Klitih" yang meresahkan masyarakat Yogyakarta. Aksi ini kebanyakan dilakukan oleh remaja sekolah menengah. Awalnya Klitih menargetkan geng sekolah la…
Jurnal Desain Grafis dan Media Kreatif
Pameran virtual merupakan media yang paling efektif pada masa pandemi sekaligus sebagai momentum dan tradisi baru di ISI Yogyakarta dalam akselerasi penggunaan teknologi informasi dan digitalisasi …
Offering numerous real-world examples and case studies, MANAGEMENT OF ELECTRONIC AND DIGITAL MEDIA, 6e, equips you with the latest trends, practices, and research on the management and leadership t…
Pembangunan karakter bangsa menjadi sebuah keharusan untuk mempertahankan eksistensi bangsa. Oleh karena itu, pembangunan karakter bangsa harus melibatkan semua pihak, termasuk sekolah. Sekolah, da…
Untuk mencapai citra yang diinginkan, maka suatu perusahaan atau organisasi harus dapat melakukan komunikasi yang efektif kepada target sasarannya baik internal maupun eksternal. Fungsi public rela…
Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris digunakan dalam setiap aspek di kehidupan. Kita menggunakan bahasa Inggris dalam bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya. Dalam bida…
Daerah Istimewa Yogyakarta atau Jogja, dengan predikatnya sebagai Kota Budaya, Kota Pelajar dan Kota Wisata, mempunyai daya tarik tersendiri sebagai tujuan destinasi. Para pendatang pun turut menam…
Perancangan Video Profil untuk memberikan informasi mengenai Unit Kegiatan Mahasiswa Sasenitala Konservasi Alam dan Budaya yang berada di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Perancangan video prof…
Rubah di Selatan merupakan sebuah nama band yang memiliki keunikan dalam karya maupun format instrumennya. Band yang mengusung aliran ethnic folk ini menggabungkan antara instrumen musik tradisi da…
Mahasiswa desain memiliki tantangan unik dalam bidang akademiknya yang terletak pada tuntutan pemecahan maslah secara kreatif. Di samping itu, fase kehidupan pada tingkat pendidikn tinggi menawark…
Skripsi dengan judul “Peran Radio Swara Konco Tani Sebagai Media Pelestari Seni Karawitan” ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk pelestarian dan respons masyarakat terhadap…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses dan hasil pembelajaran Seni Musik menggunakan barang bekas sebagai media pembelajaran Seni Musik yang dilaksanakan untuk siswa kelas V di SD Neger…
Museum perjuangan rakyat Jambi dibangun untuk sebagai monument memperingati perjuangan Jambi melawan penjajah. Museum perjuangan rakyat Jambi pada masa perang yaitu berupa persenjataan modern, sena…
Buku ini membahas dampak serta pelajaran yang diperoleh dari program pengembangan dan pelatihan media yang didukung oleh pemerintah AS dan organisasi non-pemerintah di negara-negara yang sedang ber…
Laporan ini merupakan laporan pengembangan bahan ajar daring dari penyusunan rancangan mata kuliah Mata Kuliah Jurnalisme Media. Mata kuliah Jurnalisme Media dirancang untuk memberikan pengetahua…
Industri grafis dan multimedia tidak pernah berhenti berputar. Dalam industri grafis ini sering kita lihat film, iklan, maupun video klip di mana seorang aktor/aktrisnya berperan di dalam dunia bua…
Jurnal IMAJI mewadahi kumpulan berbagai topik kajian film/audio visual yang berisi gagasan, penelitian, maupun pandangan kritis, segar dan inovatif mengenai perkembangan fenomenal perfilman khususn…
SMP Taman Dewasa Jetis Yogyakarta belum menggunakan media pembelajaran berbasis audio digital, meskipun sarana dan prasarana sudah mendukung. Siswa sulit mempelajari materi karena kurangnya media u…
Jejaring media sosial merupakan sebuah hubungan atau interaksi sosial pada dunia maya. Dewasa ini pengguna media sosial di Indonesia semakin bertambah, semakin bertambahnya pengguna menyebabka…
Buku ini mengulas tentang dunia penyiaran terutama proses programming penyiaran televisi dan aspek-aspek operasional penyelenggaraan penyiaran secara lengkap. Digali dari teori dan pengalaman penu-…
Kamus ini memuat lebih dari 200 entri yang berhubungan erat dengan dunia televisi dan film. Di dalamnya memuat istilah-istilah yang biasa digunakan dalam proses produksi program televisi dan karya …
Menonton televisi memang telah menjadi suatu kegiatan yang sering dijumpai dan dilakukan oleh semua orang saat sekarang ini. Dalam kehidupan sehari-hari orang-orang telah menjadi terbiasa dengan ke…
Dalam era digital yang semakin berkembang, televisi tetap menjadi salah satu medium komunikasi yang berpengaruh besar dalam membentuk opini publik, budaya, dan perilaku masyarakat. Tayangan televis…
Buku Media Pembelajaran Abad 21 merupakan bacaan yang dikemas dengan bahasa ringan dan mudah dipahami. Buku ini juga memuat wawasan tentang perkembangan teknologi dan media pembelajaran di era 4.0.…
Studi mengenai media massa memiliki sejarah panjang dan menarik yang mendhului disiplin ilmu komunikasi itu sendiri. Buku ini membahas teori komunikasi yang telah mengalami kemajuan lebih dari 60 t…
Metode penciptaan dan perwujudan dari karya seni mengalami perubahan yang cukup signifikan, pemanfaatan teknologi dalam berkarya tnenghasilkan beberapa genre seni baru seperti video art, photograph…
Media sosial merupakan salah satu fenomena yang muncul seiring berkembangnya teknologi dan inovasi di internet. Selain sebagai media baru dalam berinteraksi dan bersosialisasi, media sosial juga me…
Latar Art Space adalah galeri seni yang dibangun oleh BTPN, diprakarsai oleh Budi Lim Arsitek dan Dolorosa Sinaga. Latar Art Space dikelola oleh ‘Partner Yogyakarta’ dari program pameran hingga…
Buku ajar berjudul Multimedia Pembelajaran yang inovatif. Prinsip Dasar dan Model Pemgembangan ini akan mengenalkan kepada mahasiswa prinsip-prinsip dasar dalam pengembangan model multimedia sebaga…
Penandaan warna dalam ekstrakurikuler angklung dapat menambah pemahaman siswa dalam bermain angklung karena memberikan petunjuk visual yang jelas terkait dengan nada atau not musik yang harus dimai…
Industri skincare semakin berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini berbanding lurus dengan sampah atau limbah kemasan yang dihasilkan. Kemasan-kemasan skincare yang telah kosong menjadi sampa…
Dalam kehidupan sehari-hari setiap individu menggunakan berbagai media komunikasi, baik yang konvensional maupun media online, disesuaikan dengan kebutuhannya. Dalam buku ini penulis menyampaikan b…
Electronic Dance Music (EDM) kini telah menjadi fenomena global yang populer di berbagai platform digital, termasuk aplikasi Bigo Live. Penggunaannya kerap kali sebagai musik latar ketika sedang li…
Di SD Negeri 1 Sewon Bantul, pemahaman siswa mengenai notasi balok sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan siswa sekolah dasar dalam memainkan musik menggunakan not…
Komputer sudah berkembang dengan begitu pesatnya, radio dan TV broadcast yang tadinya menggunakan pita kaset saat ini sudah berubah menjadi media digital. Buku ini mengulas tentang bagaimana memaha…
Kebutuhan gaya belajar siswa memiliki perbedaan salah satunya gaya belajar auditori. Pemenuhan gaya belajar auditori membutuhkan kehadiran sebuah media pembelajaran. Perlunya inovasi media pembelaj…