Penciptaan karya grafis ini terinspirasi dari upaya penelitian penulis tentang permasalahan sosial bias gender. Bias gender mencerminkan ketimpangan perlakuan antara laki-laki dan perempuan dalam m…
Konflik dan perselisihan antar anggota keluarga secara tidak langsung mendatangkan emosi negatif bagi anggota lainnya. Penciptaan berjudul “Pemurnian Kecemasan Mental Diri Sebagai Ide Penciptaan …
Simbolisasi burung digunakan untuk merepresentasikan perjalanan emosional dan refleksi cerita kehidupan penulis. Menggali pengalaman pribadi dan makna simbolik, burung dipilih sebagai simbol kebeba…
Penciptaan ini menceritakan tradisi Rebo Pungkasan di Bendung Kayangan Kulon Progo sebagai inspirasi dalam penciptaan karya seni grafis. Tradisi Rebo Pungkasan, yang merupakan ritual budaya masyara…
Perkembangan teknologi melaju pesat pada tiap tahunnya. Hal ini memberi bayangan kepada manusia tentang masa depan yang cerah karena segala akses menjadi mudah dengan adanya bantuan teknologi. Genr…
Buta warna merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan atau ketidakmampuan dalam melihat dan membedakan warna tertentu dengan jelas. Kondisi ini Menyebabkan kesulitan dalam menjal…
Berawal dari kegemaran bermain video games, yang kemudian menjadi sebuah pintu masuk ke dunia games bergenre gacha. Sebuah rasa cemas muncul saat kegemaran tersebut kemudian berdampak negatif ke be…
Ciri khas kepribadian melankolis ditandai oleh kedalaman emosi, sensitivitas yang tinggi, dan kecenderungan untuk merenung. Kepribadian melankolis dieksplorasi dalam Tgas Akhir ini sebagi ide dalam…
Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang memiliki peranan penting dalam memenuhi setiap aspek kebutuhan hidup manusia sehari-hari. Seperti makanan, obat-obatan, wangi-wangian, pakaian, bahkan …
Tugas akhir ini berfokus pada penciptaan karya grafis bertemakan imajinasi momen kebersamaan dengan kucing peliharaan, yang terinspirasi dari hubungan emosional antara penulis dan kucing-kucing yan…
Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan jenjang pendidikan yang ditempuh oleh remaja untuk menuntut ilmu. Sekolah utamanya merupakan lingkungan dimana seorang individu dapat mempelajari ilmu pengetah…
Masa kecil terasa jauh menyenangkan dan sederhana. Dalam karya tugas akhir ini, digunakan unsur visual yang terinspirasi oleh opini tentang kekayaan ketika berusia belia, serta pengalaman sehari-…
Body horror, subgenre film fiksi horor, menitikberatkan pada eksplorasi distorsi mengerikan anatomi subjek. Melanggar batas-batas wajar, subgenre ini menghadirkan visualisasi grafis kerusakan, muta…
Penciptaan Tugas Akhir berjudul Imajinasi Dunia Anak sebagai Ide Penciptaan Karya Grafis. Berangkat dari keresahan pribadi tentang imajinasi anak yang mendapatkan respon kurang baik di kalangan ora…
Buku ini ditulis oleh seorang pegrafis, Syahrizal Pahlevi. Ia merupakan pekerja kreatif dengan media alat cukil untuk menciptakan karya-karya grafisnya. Karyanya mengedepankan konversi teknik maupu…
Lahir dari keluarga yang memegang erat budaya Mandailing dan memiliki keturunan marga Lubis yang tercatat jelas silsilahnya menjadi ketertarikan untuk mengangkat kisah asal-usul marga Lubis. Melalu…
Proses penciptaan karya seni sering kali terhubung erat dengan pengalaman langsung seorang seniman. Berbagai macam emosi yang dirasakan dalam proses menuju penerimaan diri memiliki potensi untuk me…
Waktu yang mempengaruhi pemetaan lini masa dalam hidup menjadi contoh atas ketergantungan manusia akan konsep. Keterbelengguan ini membuat manusia banyak berdebat mengenai berbagai definisi, yang s…
Orangtua terdiri dari Ayah dan Ibu yang memiliki kewajiban untuk mengasuh dan mendidik keturunannya dalam proses pembentukan karakter untuk mempersiapkan dirinya kelak di masyarakat. Karakter seora…
Etik Tantra secara umum adalah aturan hidup yang diterapkan dalam ajaran Buddha Tibet. Tujuan dari etika ini adalah untuk mendorong seorang praktisi Tantra untuk mengalami kehidupan sepenuhnya, men…
Rutinitas sehari-hari yang sering dianggap sepele dan interaksi sosial yang rutin, seringkali terlewatkan dalam konteks pengamatan seni. Mengeksplorasi kemungkinan yang ada, ditemukan potensi inspi…
Nilai kearifan lokal pasar tradisional Imogiri, merupakan tempat yang memiliki keanekaragaman budaya setempat dan dampak rasa yang mendalam yang telah dirasakan atau dialami penulis. Sejak kedua or…
Gugon Tuhon adalah budaya tutur peninggalan nenek moyang masyarakat Jawa berupa ungkapan yang disampaikan secara lisan dari mulut ke mulut. Berisi ajaran moral, petuah, serta tuntunan untuk berperi…
Dalam laporan Tugas Akhir ini, penulis berusaha untuk menggambarkan mitos hantu Indonesia melalui perspektif yang berbeda. Apropriasi digunakan sebagai jembatan untuk menampilkan sosok hantu secara…
Konsumerisme diangkat menjadi topik pada proposal ini merupakan hasil dari pengamatan dan pengalaman pribadi khususnya saat menempuh studi di perantauan. Pengalaman yang terbilang baru ini diekspre…
Komik adalah dunia kreatif tanpa batas. Komik adalah dunia imajinasi yang tak terbatas. Segala macam ide dan imajinasi se"gila" apapun bisa ditampung dalam komik dan bisa jadi sangat menarik. membu…
Penciptaan karya tugas akhir ini dilatar belakangi oleh rasa kagum penulis terhadap keindahan alam di puncak gunung. Melakukan pendakian sejak tahun 2021 hingga saat ini tentu memberikan pengalaman…
Pencemaran lingkungan sungai Njodak merupakan masalah serius yang berdampak negatif terhadap ekosistem dan kehidupan masyarakat sekitar. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menginter…
Aktivitas kesenian tradisi Banyuwangi selama pandemi Covid-19 dalam penciptaan karya seni grafis bertujuan sebagai media dokumentasi, betapa pentingnya kesenian tradisional bagi masyarakat Banyuwan…
Ide utama dalam karya Tugas Akhir ini mengambil konsep filsafat absurditas yang terkandung dalam fiksi manga Berserk. Absurditas sendiri merupakan sebuah kajian filsafat yang berkembang dalam sejar…
Latar belakang penelitian ini berdasarkan pengamatan peneliti terhadap permasalahan sampah di Yogyakarta yang belum maksimal ditangani. Masih banyak oknum yang dengan sadar membuang sampah sembaran…
Dalam karya ini penulis memvisualisasikan kembali sketsa-sketsa yang dibuat ketika menjalani insomnia ke dalam bentuk karya seni grafis. Sketsa-sketsa tersebut merupakan refleksi dari apa yang penu…
Dalam karya ini penulis berusaha untuk menampilkan karya eksploitasi teknik yang dikuasai, penulis juga terpengaruh dari poster lama, yaitu secara ilustratif ada suatu pesan yang ingin disampaikan …
Penelitian dengan judul "Pengelolaan pameran Jogja Gallery sebuah penelitian perencanaan pameran" adalah sebuah pemenuhan rasa penasaran tentang bagaimana tahapan-tahapan sebuah pameran seni rupa d…
maksud dari karya ini adalah suatu ungkapan dan pandangan pribadi terhadap berbagai fenomena budaya konsumtif yang terjadi di masyarakat yang sangat dipengaruhi oleh globalisasi produk. Tujuan di…
Karya TA ini merupakan karya seni grafis sebagai usaha kreatif yang merupakan hasil pembacaan kondisi lingkungan & bentuk responnya dengan membebaskan imajinasi yang menunjukkan alam fantasi / duni…
Dalam tugas akhir ini mengangkat kembali salah satu kesenian tradisi yaitu kesenian Reog Ponorogo, dilihat dari sudut pandang proses terjadinya kesenian tersebut hingga menjadi sebuah legenda di su…
Penulis merasa gelisah bahwa dalam kehidupan masyarakat, banyak slogan yang dijumpai namun tidak sesuai dengan makna / pesan-pesan slogan tersebut. Secara keseluruhan, karya ini adalah interpretasi…
Maksud dari judul tugas akhir ini adalah penyusunan atau penggambaran bentuk gitar secara keseluruhan / per-bagian, sampai setiap unsur bentuknya, yang kemudian dituangkan ke dalam bentuk karya-kar…
Karya tugas akhir ini memvisualisasikan perasaan & fikiran pribadi melalui garis adalah keinginan penulis untuk menggambarkan dan memvisualisasikan bentuk-bentuk fikiran / perasaan tersebut. Teknik…
Karya ini divisualkan dengan teknik silkscreen, hal ini dimaksudkan untuk pencapaian visual seperti pada obyek striping yang memiliki beragam warna dan pada umumnya striping diwujudkan denganh tekn…
Dalam tugas akhir ini dipaparkan catatan harian tentang dinamika yang dialami dalam kehidupan keluarga penulis yang divisualisasikan dalam karya seni grafis. Teknik yang digunakan adalah dry point.
Judul "Figur manusia bersayap sebagai media introspeksi diri dapat dimaknai sebagai bentuk usaha pengenalan & penggambaran diri penulis sebagai manusia yang selalu memiliki keinginan & perasaan yan…
Tugas akhir ini menerangkan bahwa siklus sel manusia dari bentuk dasar sel telur yang terus berubah hingga menjadi bentuk akhir bayi, mampu menjadi arti bagi tiap perjalanan hidup manusia. Tujuan p…
Ide yang diangkat dalam karya ini adalah pengalaman pribadi dalam memasuki sebuah dunia fantasi yang berupa representasi grafis komputer yang sifatnya artisial dengansegala efek audiovisual yang me…
Dalam tugas akhir ini menampilkan karya seni grafis yang menggunakan bambu sebagai ide penciptaan, ide penciptaan ditampilkan dengan memadukan sifat tanaman bambu dan kandungan makna dari kehidupan…
Penulis berusaha menarik garis penghubung antara karya & dirinya pribadi, dengan menggambarkan & menceritakan kembali pengalaman & kejadian yang telah ditemui, dialami & dirasakan penulis yang sela…
Cerita dan karya seni Prince of Darkness adalah rangkuman perasaan pribadi penulis dalam menjalani hidup yang penuh tantangan. Sebuah penggubahan dari yang penulis rasakan, diolah kembali dalam ben…