Pertunjukan wayang atau lazimnya disebut dengan istilah “pakeliran” diajarkan sebagai materi pendidikan formal untuk pseserta didik di kursus pedalangan dan lembaga seni pedalangan di tingkat m…
Mata kuliah kitik Seni Pedalangan adalah mata kuliah di Prodi Seni Pedalangan Jurusan Pedalangan Fakultas Seni Pertunjukan Instiüt Seni Indonesia Yogyakarta. Mata kuliah Kritik Seni Pedalangan pad…
Mata Kuliah Iringan Pakeliran adalah mata kuliah wajib di Program Studi Sl Seni Pedalangan FSP ISI Yogyakarta. Mata kuliah ini ditempuh pada semester awal (I). Mata Kuliah ini berisi materi dasar y…
Laporan ini merupakan laporan pengembangan bahan ajar daring dari penyusunan rancangan mata kuliah Mata Kuliah Metode Perancangan. Mata Kuliah Metode Perancangan merupakan salah satu Body of Knowle…
Laporan ini merupakan laporan pengembangan bahan ajar daring dari penyusunan rancangan mata kuliah Mata Kuliah Bahasa Pedalangan 1. Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib di Prodi Seni Pedalangan…
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan makna senjata Cakra dalam Lakon Kangsa Adu Jago sajian Ki Purbo Asmoro. Secara umum lakon ini mengisahkan percobaan kudeta yang gagal dilakukan oleh Kangsa …
Materi mata kuliah ini dimulai dari Jejer Keputren Mandaraka, Perang Tandang di Mandaraka, adegan Dewi Surtikanthi diculik Prabu Kamamandra, Jejer Ngawangga, peristiwa kematian Karnamandra, perang …
Karya ini bertujuan untuk merancang sanggit lakon Dumadining Reyog Ponorogo dan merancang wayang kulit tokoh yang ada dalam cerita lakon Dumadining Reyog Ponorogo. Teori yang digunakan dalam karya …
Mata kuliah Wayang Beber disediakan sebagai ruang alternatif dan peluang baik bagi mahasiswa seni pertunjukan khususunya seni pedalangan, maupun mahasiswa seni rupa yang ingin bereksperimen. Eksplo…
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi Nyi Kenik Asmorowati menuangkan tema dasar obahing jagad gumantung ana wanita ‘wanita memiliki peran utama/penentu dalam kehidupan’ dalam pakel…
Telah banyak peneliti terdahulu mendefinisikan mengenai apa itu wayang. Salah satunya adalah pendapat Brandon, yang mengasumsikan wayang sebagai pertunjukan teater atau drama. Seturut dengan itu, m…
Buku ini diangkat dari skripsi penulis. Isi buku mengulas tentang peran gunungan dalam panggung pakeliran yang tidak hanya sekedar penghias panggung pagelaran, tetapi menjadi tanda pergantian wakt…
Penelitian ini bertujuan untuk menguak bentuk dan makna porong pada tokoh Anoman gaya Pakualaman. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Bagaimana morfologi wayang tokoh Anoman gaya Pakualaman? 2)…
Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman tentang struktur pertunjukan wayang kulit purwa berdasarkan nilai-nilai Ke-Islaman yang bersumber dari Kitab Suci Al-Qur-an, Surat Al-Anbiya’, ayat 1…
Penelitian ini ingin memaparkan bagaimana panakawan sabrang Jaewana dan Sontoloyo dihadirkan dalam pakeliran Ki Eko Suwaryo dari Kebumen, sebagai resistensi terhadap dominasi gagrag Banyumasan gaya…
Dalam pertunjukan wayang, gending disajikan untuk patalon, mendukung suasana dalam lakon wayang, dan untuk selingan dalam adegan limbukan dan goro-goro. Pembahasan dalam buku ini difokuskan pada ge…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur dramatik lakon Resa Seputra dalam naskah rancangan Supriyono yang digunakan dalam pembelajaran di SMK Negeri 12 Surabaya. Adapun data yang dipakai…
Materi mata kuliah ini disusun sedemikian rupa untuk membekali mahasiswa mendapatkan kemampuan sekaligus kepekaan penelitian kebudayaan dalam ranah pedalangan, sebagai pintu masuk utama yang berfok…
Bidang pedalangan berisi seperangkat pengetahuan orang Jawa masa lalu sebagai homo simbolicus, sarat akan simbol-simbol bahasa yang memerlukan tata cara pembacaan khusus untuk dimengerti dan direfl…
Membicarakan estetika pewayangan tidak dapat dipisahkan dengan perilaku kehidupan budaya jawa sehingga kandungan filosofi Jawa pun lekat dalam perjalanan dan seluk beluk seni pewayangan atau pedala…
Adanya keterkaitan antara budi pekerti dengan Tuhan, manuasia, alam, dan diri sendiri, menjadikan manusia untuk tidak berperilaku dengan semaunya sendiri terhadap Tuhan, manusia, alam dan diri send…
Karya tulis ini memaparkan peran tokoh anoman dalam lakon Banjaran Anoman. Dalam karya ini dipaparkan mengenai tinjauan struktural lakon Banjaran Anoman secara umum yang meliputi pengertian lakon, …
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sulukan Ki Sugi Cermosarjono dalang dari desa Bejiharjo, kabupaten Bantul. Bentuk sulukan Ki Sugi Cermosarjono ada dua macam yaitu ada yang berbentuk khusu…
Inti dari cerita Berjongganom ini menggambarkan perjuangan seorang isteri yang ditinggal suami tercinta, akan tetapi Dewi Sembadra mampu melalui hingga sang suami kembali walaupun dengan bantuan ke…
Berdasarkan analisis mengenai alur, tokoh, dan tema lakon Murwakala Ki Awin dan Ki Redi suta Yasa Carita ditemukan adanya persamaan dan perbedaan pada kedua lakon Murwakala tersebut. Persamaannya t…
Konsep yang ditawarkan dalam wayang anak adalah wayang oleh dan untuk anak. Maksudnya wayang tersebut dipertunjukkan oleh anak-anak dan dinikmati untuk anak-anak terutama yang masih duduk di bangku…
Inti cerita Sang Basukarna melambangkan sosok satria yang mempunyai prinsip hidup dan teguh dalam pendirian. Perjlanan hidupnya semenjak ia lahir membentuk karakternya sebagai sosok yang mengerti a…
"Darmane para Satria Pinunjul" menggambarkan para satria yang gagah berani, mempunyai kelebihan yaitu : Prabu Kresna, Raden bratasena, Raden arjuna. Ketiga Satria tersebut memiliki sifat pemberani …
Perubahan selalu dimungkinkan dalam penyusunan sebuah cerita. Demikian halnya dalam karya ini, lakon Liman Sarpa Kuda Manyura sebagai sumber utama dalam penggarapan tokoh Surya Negara telah mengala…
Pentas lakon Wayang Kresna Duta yang dilakukan oleh Ki Timbul hadi Prayitno berpijak pada patokan tradisi pewayangan Yogyakarta. Hal itu dapat diketahui dari pembagian pathet, banyaknya jejeran, ad…
Pertunjukan wayang kulit gaya Jawa Timuran yang disebut juga gaya Cekdhongan atau Cek dhong berasal dari bunyi kecrek (kepyak) dibunyikan bersamaan dengan kendang. Dalam lakon Sena balen diceritaka…
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa alasan utama penyelenggaraan pertunjukan wayang kulit di Hotel Pondok Tingal adalah untuk melestarikan budaya dan seni khususnya wayang kulit. Alasan te…
TA ini mengkaji sanggit gugurnya Dasamuka dalam lakon Banjaran Sinta sajian Ki Timbul Hadiprayitno dengan mencermati perubahan sanggit yang terjadi di dalamnya. Usaha mencermati proses terjadinya t…
Karya tulis ini merupakan laporan hasil perancangan seni naskah pakeliran Wayang Golek Purwa dengan judul Patih Suwanda. Di sini dipaparkan mengenai latar belakang masalah, permasalahan, batasan pe…
Sajian pakeliran padat ini merupakan hasil komposisi dari berbagai sumber acuan yang digunakan sebagai upaya pemantapan garap pakeliran sehingga secara keseluruhan menambah warna sajian dalam pakel…
Pertunjukan wayang kulit pada upacara bersih desa selalu menyajikan cerita Baratayuda. Upacara bersih desa di dusun Karen padatanggal 25 februari 2002 menyajikan lakon Karna Tanding. Diharapkan den…
Permasalahan dalam lakon Babad Wana Marta secara paradigma mempunyai kesamaan makna dengan upacara Mapar Tunggak. Lakon Babad Wana marta memiliki makna membuat negara dan upacara Mapak Tunggak memi…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara-cara pentransformasian cerita al-Kitab dan kidungan pasamuan Kristen Jawi ke dalam sebuah naskah pakeliran wayang warta, yang meliputi struktur lakon,…
Karya TA ini memaparkan latar belakang masalah, alasan pemilihan judul, permasalahan, batasan perancangan naskah, tujuan perancangan seni, tinjauan pustaka, metode perancangan dan garis besar peran…
Bentuk pakeliran padat lakon Dewa Ruci bertujuan ingin mengungkapkan isi dan makna lakon Dewa Ruci dan ingin menggarap unsur-unsur pakeliran menjadi bernas atau wos sesuai dengan tuntutan kriteria …
Makna yang terkandung dalam pelaksanaan pementasan wayang kulit purwa lakon Budhuk Basu dalam rangkaian upacara Baritan adalah makna simbolis karena di dalam cerita tersebut menceritakan perjalanan…
Pementasan wayang kulit purwa malem senin kliwon telah memberikan manfaat baik bagi pembinaan dan pengembangan seni pedalangan ataupun bagi para dalang maupun masyarakat di kabupaten grobogan. Fun…
Wanda adalah raut muka wayang kulit yang berhubungan erat dengan suasana hati tokoh wayang itu sendiri. Suasana hati yang dimaksud adalah senang, sedih dan marah. tiga jenis raut muka itu berlaku p…
Untuk mengekspresikan kualitas suara yang menjadi syarat utama yang harus dikuasai dalam pengucapan Antawecana, dalang Joko Sunarno mengupayakannya dengan cara berlatih olah pernafasan dan olah voc…
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan alur lakon Wahyu Makutharama versi Ki Manteb Soedarsono. Temuan dari penelitian ini diharapkan menjadi salah satu contoh bagaimana menerapkan sebuah teori d…
Penelitian yang dilakukan ini berupaya untuk mengetahui relasitas antara lakuan gerak wayang dengan gending iringan wayang gaya pedalangan Yogyakar ta. Setiap gerak wayang di atas kelir selalu diik…
ABSTRAK Lakon Kakrasana Nugraha ini dimaksudkan untuk menyampaikan pesan moral “sapa tekun bakale tekan”. Agar pesan ini dapat tersampaikan, maka pesan tersebut harus dimunculkan melalui tokoh,…
R. Skripsi
Tujuan penelitian ini adalah menemukan pola tuturan Ki Hadi Sugito dalam pakelirannya. Dalam penelitian ini pola tuturan itu pun masih dibatasi pada tuturan yang berupa alih kode dan campur kode. D…
Wayang kulit, yang menurut orang merupakan kesenian yang adiluhung, tidak pelak lagi banyak penggemarnya, baik di dalam maupun di luar negeri. Karena itu wayang kulit perlu dilestarikan dan diperk…