Ekstrakurikuler tari menjadi tempat bagi siswa yang memiliki bakat dan minat pada seni tari di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Pembelajaran ekstrakurikuler tari tersebut menggunakan metode ceramah dan demonstrasi, namun pada pelaksanaannya terdapat kendala sehingga menimbulkan situasi belajar yang membosankan, karena pembelajaran yang serupa atau selalu sama, sehingga menyebabkan siswa menjadi kurang …
Penulis menyebutkan bahwa Sholawat Montro merupakan budaya membaca kitab, dari hal tersebut muncul ide garapan tentang kegelisahan seseorang dalam membaca kitab. Antara percaya dan tidak percaya terhadap kitab tersebut. Koreografi ini disusun menggunakan metode dalam buku Alma M. Hawkins dengan judul creating through dance / mencipta lewat tari. buku Alma Hawkins menjelaskan tahapan dalam …
DIY memiliki kekayaan yang luar biasa atas seni-seni pertunjukan tradisi yang bersifat kerakyatan. Demikian pula tradisi klasik tetap terpelihara di istana Kraton Yogyakarta maupun istana Pura Pakualaman. Keduanya menjadi kekuatan penyangga dan peran penting keberadaan DIY sebagai daerah istimewa. Selain mendokumentasikan kekayaan budaya masyarakat di DIY secara tertulis, buku ini juga menjadi …
Slawatan Montro merupakan kesenian tradisional yang merupakan eprpaduan dari unsur gerak, vokal, maupun musik sebagai pengiringnya. Kesenian ini mempunyai latar belakang agama Islam, hal ini dapat dilihat dari bentuk penyajian maupun arti slawatan itu sendiri. Slawatan ini diiringi oleh musik kendang & terbang, gerakan tarinya serempak.
Kesenian sholawatan montro merupakan salah satu kesenian rakyat yang berada di desa Kauman, Pleret, Bantul. Nilai kesenian yang dimunculkan dalam sholawatan montro sudah sepatutnya dibaca dan dicontoh sebagai sebuh teks atapun praktek lapangannya. Pendekatan antripologis dan sosiologis merupakan lansadan yang digunakan untuk menginterpretasi atau menafsirkan teks.