Ragam hias yang terdapat pada bangunan Indis di Yogyakarta dipengaruhi oleh ragam hias tradisional Yogyakarta sebagai interaksi dua budaya yakni ragam hias barat dan timur, interaksi ini bisa terja…
Tema tugas akhir ini adalah pengembangan unsur ragam hias geotmetrik yang dituangkan kedalam karya dan dalam visualisasinya dapat dijadikan sebagai simbolisasi kehidupan manusia.
Dalam pembuatan karya tugas akhir ini, tidak semua jenis ragam hias Bali akan diterapkan, melainkan dibatasi pada bentuk kekarangan, tumbuh-tumbuhan & geometris yang ada pada ragam hias Bali yang k…
Berdasarkan pada ragam hias tradisional Minangkabau, ragam hias yang digunakan dalam pembuatan karya tugas akhir ini meliputi bentuk tumbuh-tumbuhan, geometris, tanduk kerbau, dsb. Bentuk-bentuk te…
Ragam hias kapal dapat dijadikan dasar pengembangan penciptaan barang-barang kriya yang beraneka bentuk, fungsi serta keindahan dengan harapan dapat menjawab tuntutan zaman sesuai dengan kebutuhan …
Ragam hias yang terdapat pada dinding candi Prambanan adalah peninggalan yang mempunyai nilai sejarah & nilai estetis yang sangat tinggi. Keberadaannya perlu dilestarikan, agar ragam hias candi Pra…
Ragam hias tradisional tenun & perhiasan wanita Flores mempunyai unsur-unsur hias yang sangat indah & menarik. Ragam hias tersebut oleh penulis diterapkan & dikembangkan pada macam-macam bentuk lam…
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan karya kriya yang berorientasi pada pengembangan sektor barang souvenir dari bahan kayu. Ragam hias Asmat banyak menarik wisatawan karena bentuknya yang memp…
Ragam hias Maluku pada umumnya diterapkan pada patung-patung, perahu & atap bangunan rumah. Ternyata, ragam hias Maluku dapat diterapkan juga pada perabot, khususnya perabot ruang duduk tamu sepert…
Pada setiap kehadiran seni ukir dalam segala bentuk dan penerapannya akan selalu kita jumpai motif. Motif merupakan pangkal dasar suatu hiasan dalam seni ukir tradisional, Oleh karena itu motif san…
Konsep penciptaan karya TA ini dimulai dari melihat keindahan batik tradisional Indramayu yang mempunyai keunikan. Ragam hias batik tradisional Indramayu yang juga mempunyai karakter geometris meng…
Tujuan penciptaan untuk menggugh semangat kaum muda terutama kalangan intelektual seni rupa yang berkecimpung di dunia kekriyaan. Produk yang dibuat berupa produk pakai yang terdiri dari jam dindin…
Dalam usaha pelestarian dan rasa tanggung jawab terhadap perkembangan seni kriya, penulis berusaha menciptakan barang-barang souvenir, dengan berpangkal tolak dari ragam hias Candi Prambanan. Dalam…
Ragam hias geometris dijadikan objek penciptaan dalam karya seni karena motif geometris mempunyai keanekaragaman bentuk yang dapat menimbulkan pesona yang luar biasa & menarik bagi cita rasa pribad…
Ragam hias Toraja mempunyai ciri khas dan makna simbolis di dalamnya, serta banyak diterapkan pada alat-alat upacara keagamaan, bangunan tempat ibadah, rumah adat, dsb. Dalam pembuatan perabot rua…
Ragam hias Bali yang diambil untuk penerapan pada perabot ruang tamu adalah ragam hias yang berupa flora yang dinamakan "pepatran". Faktor estetik dari perabot ruang tamu ini adalah dengan menerapk…
Penerapan ragam hias ditekankan pada penerapan ragam hias geometris yang telah ada, yang disesuaikan dengan bentuk disain perabot itu sendiri. Adapaun metode pendekatan yang digunakan adalah metode…
Ragam hias candi Prambanan merupakan salah satu warisan budaya yang mempunyai nilai-nilai tinggi & adiluhung. Hal ini masih dapat dikembangkan lagi dengan menggunakan media kayu. Bentuk hiasan yang…
Ragam hias batik Kelantan sengaja dipilih sebagai penghias dalam modifikasi penerapan ornamen pada perabot teras depan & hiasan dengan pola hias baru agar dapat memperkaya ragam hias. Pengertian ju…
Tujuan penciptaan tugas akhir kriya kayu ini adalah ingin melestarikan hasil karya ragam hias Sumba yang terdapat pada kain / tenun Sumba dan mengolah serta mewujudkannya pada lampu duduk, lampu ga…
Tujuannya untuk memelihara dan melestarikan budaya bangsa dengan jalan memanfaatkan dan mengembangkan ragham hias tradisional Dayak Kenyah sehingga sumber penciptaan barang kriya. Dalam penulisan i…
Tujuan penelitian sebagai perwujudan dalam pengembangan ragam hias tradisional Aceh kedalam bentuk-bentuk karya seni. serta sebagai usaha pelestarian hasil budaya leluhur, denganmengangkatnya dalam…
Kesimpulan : Semakin maju taraf kesejahteran manusia, semakin berkembang juga produk kriya yang diciptakan dengan berbagai fungsi sesuai dengan perkembangan jaman yang melatar belakanginya. Perke…
Aneka ragam bentuk hiasan Batak Toba merupakan unsur pembentuk budatya nenk moyang yang bersumber dari nilai-nilai ideologis, konsep serta gagasan yang melatar belakangi penciptaanya. Dengan dasar …
Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan kebudayaan yang bersumber dari kearifan budaya lokal. Batak Toba merupakan sebuah daerah yang memilki tradisi budaya yang luhur arif dan bijaksana. Dengan …
Aneka ragam hias berkembang seiring dengan perkembangan di jamannya, dengan tidak meninggalkan ciri khas unutk mengembangkan dan mengeksplorasi sesuai dengan konsep, ide serta gagasan yang melar be…
Ragam hias berkembang seiring dengan perkembangan jaman. Hiasan merupakan elemen estetis yang berfungsi sebagai pelengkap dengan berbagai konsep, ide serta gagasan yang melatar belakangi penciptaan…
Batak Karo merupakan suku tradisional dengan berbagai potensi yang melatar belakangi penciptaanya. Berbagai ragam hias sesuai dengan latar belakang yang mempengaruhi penciptaanya. Dengan dasar ters…
Kesimpulan dari TA ini adalah bahwa ragam hias Toraja dapat diterapkan pada semua benda/barang, khususnya perabot duduk sesuai dengan fungsi dari masing-masing barang tersebut. Secara teknis penger…
Tujuan penciptaan untuk mengelola, mengembangkan serta mewujudkan ragam hias geometrik yang lebih kreatif sebagai motif hias pada perabot penyekat ruang. Bahan yang digunakan adalah kayu. Teknik pe…
Ragam hias Asmat merupakan warisan yang sudah berjalan berpuluh-puluh tahun lamanya. timbulnya ragam hias ini disebabkan oleh dua hal yakni : yang pertama, usaha-usaha mereka untuk mempersatukan di…
Untuk menciptakan perabot yang perlu diperhatikan adalah dapat memenuhi kriteria-kriteria pada beberapa produk tersebut misalnya segi fungsi, estetis, kesehatan dan tidak meninggalkan unsur-unsur s…
Untuk menghindari meluasnya pokok bahasan dalam TA ini maka penulis memilih masalah yang mempunyai hubungan dengan bidang penerangan sebagai perabot terapan / fungsional, dan panel sebagai perabot …
Daerah Timor merupakan satu wilayah Propinsi NTT yangmempunyai kesenian yang berupa kain tenun dengan hiasan beraneka ragam corak seperti motif manusia, binatang, tumbuh - tumbuhan maupun motif geo…
Perabot untuk duduk merupakan sarana penting bagi kegiatan yang berlangsung di ruang tamu. Berhubungan dengan hal tersebut, dibutuhkan faktor - faktor kenyamanan penggunaan perabot yang perlu diper…
Berbagai macam ragam hias tradisional banyak kita jumpai di Indonesia. Dari sekian banyak ragam hias, di antaranya adalah ragam hias tradisional Batak. Pada umumnya ragam hias Batak dityerapkan pad…
Ragam hias di Tanah Toraja pada umumnya banyak dijumpai pada bangunan - bangunan rumah tinggal, peralatan rumah tangga, peralatan keswenian, serta alat - alat yang ada hubungannya dengan upacara ke…
ragam hias Dayak Kenyah mempunyai kedalaman seni yang tidak kalah menariknya dengan ragam hias dari daerah lain. Ragam hias ini oleh oorang di pedalaman Kalimantan Timur digunakan sebagai unsur pen…
Ragam hias yang menghiasi dinding - dinding Masjid Mantingan Jepara adalah peninggalan yang mempunyai nilai historis dan nilai keindahan yang sangat tinggi, sehingga keberadaannya perlu dilestarika…
Dalam perkembangan di zaman modern ini, pembuatan barang - barang kebutuhan sehari - hari perlu diarahkan pada tingkat yang lebih sempurna, yaitu pembuatan barang yang tepat guna serta menarik dan …
Ragam hias Asmat banyak menarik minat wisatawan, karena bentuknya yang mempunyai ciri khas tersendiri, sehingga banyak wisatawan yang ingin memmiliki barang - barang sebagai kenang - kenangan (souv…
Ragam hias Istana Tengku Long Besut, Trengganu Malaysia dapat diklasifikasikan menjadi 3, yaitu motif tumbuh - tumbuhan, motif kaligrafi Arab dan motif geometrik. Berkaitan dengan hal tersebut, mak…
Penerapan ragam hias tradisional Jepara sebagai unsur hias pada benda perabot duduk ini, akan lebih diarahkan pada pencarian alternatif - elternatif baru sebagai akibat meluasnya perabot - perabot …
Dewasa ini pemerintah sedang menggalakkan pengembangan pariwisatadi seluruh wilayah indonesia. Maka souvenir sebagai salah satu kebutuhan wisatawan perlu ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitas…
Penerapan ragam hias geometrik secara sederhana pada perabot rias akan nampak lebih indah bentuknya. Bahan baku yang digunakan dalam perabot adalah kayu jati yang mempunyai sifat keras, tahan lama,…
Dalam karya ini bentuk geometrik diambil karena merupakan karya besar peninggalan nenek moyang yang harus dilestarikan keberadaannya, disini bentuk geometrik dipadukan dengan bentuk-bentuk dialam, …
Candi induk dan candi sewu mempunyai berbagai macam ragam hias yangmerupakan stilasi dari bentuk geometris, tumbuhan, hewan maupun bentuk makhluk khayali. Bentuk-bentuk ragam hias tersebut terdapa…
Tujuan penelitian untuk melestarikan dan mengembangkan ragam hias Toraja di dalam penerapannya sebagai hiasan pada lampu hias dan hiasan dinding untuk ruang tamu. Metode yang digunakan dalam peneli…