Gembyong Banyumasan merupakan perkembangan dari babak Langgeran, yang kemudian menjadi sebuah tari yang berdiri sendiri. Bentuk keseluruhan gambyong Banyumasan terdiri dari awal, pokok tari dan akh…
Allah Swt sing wis paring kenikmatar lan kanugrahan sing ora diethung maring pengiyongan kabeh. Mogamoga ndhadhekna inyong padha tansah iman lan taqwa maring Gus Allah Swt. Amien. Para sedulur kadh…
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara ilmiah mengenai karakter Cablaka pada tokoh Bawor dalam pakeliran gaya Banyumasan Lakon Wahyu Windu Wulan oleh Ki Sugino Siswocarito dan Lakon Bawo…
Indonesia mempunyai bahasa Nasional yaitu Bahasa Indonesia. Selain bahasa Nasional, Indonesia memiliki ragam bahasa daerah disetiap daerah yang ada di Indonesia. Salah satunya bahasa Jawa yang me…
Penelitian tentang “Kesenian Kuda Kepang Tri Rahayu Budoyo Mudo di Pekon Sidoharjo kabupaten Pringsewu Lampung” bertujuan untuk mengetahui mengapa kesenian kuda kepang tersebut dapat bertahan s…
Gambyong Banyumasan mempunyai gaya yang khas bila dibandingkan bentuk tari yang lain, diseabkan adanya pengaruh dari 3 pusat kebudayaan, yaitu Pasundan, Yogyakarta & Surakarta. Tari Gambyong Banyu…
Tari lenggeran ini merupakan hail pengemabngan tari gambyong Banyumasan bagian kedua dengan materi gerak berasal dari motif-motif gerak dan sendi yang ada pada tari gambyong Banyumasan. Tari ini me…
R. Skripsi
Pola tabuhan cengklung grup wirama rempeg pada dasarnya sama dengan pola tabuhan calung. Perbedaannya terletak pada instrumen yang digunakan yaitu gambang barung pada calung diganti dengan instrume…
Penelitian ini dimasudkan untuk mengetahui gaya khususnya spesifikasi gerak dan struktur tari putri Banyumasan dengan mengambil contoh tiga bentuk tari yang berkembang di daerah Banyumas. Harapanny…
Lengger Calung Banyumasan suatu kesenian disajikan berbagai acara perorangan maupun keperluan bersama. Kesenian tersebut dimiliki oleh Cilacap dan mengandung nilai - nilai positif bagi kehidupan ma…