Buku Teks
Pemberdayaan Era Digital
Buku Pemberdayaan Era Digital mengupas secara mendalam strategi pemberdayaan di era digital, terutama melalui riset disertasi penulis di Universitas Gadjah Mada. Fokus utama adalah pada pemanfaatan media sosial—Facebook dan Instagram—oleh young social entrepreneurs di Yogyakarta untuk mentransformasi komunitas offline menjadi entitas online yang inklusif, partisipatif, dan bernilai sosial. Perkembangan dunia digital yang begitu cepat dengan kehadiran teknologi 5G dan era disrupsi. menuntut kita untuk terus melakukan inovasi pada pola-pola pemberdayaan, khususnya di dunia digital. Buku ini menghasilkan pandangan teoritik baru mengenai pemberdayaan dalam dunia digital untuk generasi milenial melalui unsur-unsurnya yang selama ni belum ada dalam ranah penyuluhan dan komunikasi pembangunan. Young social entrepreneurs harus menjaga konsistensi yang sudah mereka lakukan agar pemberdayaan dalam dunia digital melalui media sosial lebih mengarah pada self-commitment mereka yang bergerak di dunia maya agar tidak berhenti di tengah jalan, dengan memperbanyak relasi yang bersifat human to human melalui machine-to-machine. Temuan dalam buku ini merupakan hasil riset panjang penulis menggunakan virtual etnografi untuk mencari unsur pemberdayaan di dunia digital.
Kata kunci: dunia digital, social enterpreneurs
Tidak tersedia versi lain