Berita

Pengumuman Layanan Perpustakaan Selama Libur Nasional Dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1446 H

Kegiatan Workshop Pemanfaatan Perpustakaan Berjalan Lancar

Kegiatan Tanya Pustakawan #1: Layanan Bebas Pustaka & Unggah Mandiri Berjalan Lancar

Info Wisuda 2025: Tanya Pustakawan #1- Layanan Bebas Pustaka & Unggah Mandiri

Layanan Pengecekan Turnitin

Audit Surveillance ISO 9001:2015 Dan ISO 21001:2018

Hibah Buku Dari Badan Penerbit ISI Yogyakarta Kepada Library Of Congress

Penyerahan Penghargaan Kepada Pemustaka Terpilih

Pemilihan Sahabat Perpustakaan, Duta Baca, Dan Pemustaka Aktif

Kunjungan Dari Yayasan Darma Duta Indonesia

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Masuk
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian

Perencanaan Desain Area bermain Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19

PRINAYOMA, Adika - Nama Orang; FEBRIYANTOKO, Danang - Nama Orang;

Pandemi Covid-19 telah merubah tatanan dunia dan memberikan dampak dan perubahan yang luar biasa dari segala bidang, baik kesehatan, ekonomi, sosial-budaya,termasuk juga dunia pendidikan anak usia dini. Meskipun resiko kesehatan akibat infeksi Corona virus bagi anak relatif rendah dibandingkan kelompok usia yang lebih tua, namun anak-anak berpotensi mengalami dampak yang lebih serius akibat beragam dampak sekunder baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Anak-anak merupakan korban yang tidak terlihat karena keterbatasan interaksi sosial membuat proses belajar dan bermain menjadi terhambat yang berpotensi menimbulkan dampak psikis dan motorik bagi tumbuh kembang anak usia dini yang sedang berada di masa ke-emasan (golden period). Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan penyesuaian ruang bermain anak usia dini yang dilakukan oleh sekolah (playgroup) dan orang tua di rumah pada masa pandemi Covid-19 sehingga didapatkan usulan desain area bermain anak yang mempertimbangkan aspek kebutuhan anak usia dini Anak usia dini merupakan individu yang sedang mengalami proses tumbuh kembang yang sangat mendasar bagi kelanjutan kehidupan di kemudian hari. Dunia anak adalah dunia bermain, semua aktifitas keseharian anak-anak sebagian besar dihabiskan untuk bermain, dengan cara bermain anak-anak dapat menjelajahi lingkunganya dan belajar mengembangkan kompetensi yang dimilikinya. Pendidikan anak usia dini harus menyesuaikan diri dalam menghadapi perubahan tatanan dalam proses belajar dan bermain, dengan pendekatan kualitatif dan metode photovoice penelitian ini akan membedah permasalahan setting area bermain yang diperlukan oleh anak usia dini dalam masa pandemi, metode photovoice akan memberikan ruang yang lebih luas kepada pihak sekolah dan orang tua untuk menceritakan permasalahan sekaligus strategi yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan area bermain anak usia dini. Sebagai proses perancangan desain metode yang digunakan adalah metode desain thinking yang dimulai dengan fase discovery, interpretation, ideation, experimentationdan evolution Penelitian ini akan fokus pada pola adaptasi yang dilakukan oleh playgroup maupun orang tua dalam mensiasati ruang bermain anak usia dini, hasil dari penelitian diharapkan dapat memberi kontribusi terhadap perkembangan dunia pendidikan anak usia dini terutama di era destruptif dimana semua lini kehidupan memerlukan penyesuaian ulang dalam memberikan pelayanan pendidikan yang optimal di masa pandemi Covid-19. Data yang didapat darisekolah dan orang tua akan dijadikan pedoman untuk memberikan usulan desain ruangbermain anak dengan menggunakan kriteria desain ruang bermain anak yang mencakup aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, kemudahan, keamanan, dan keindahan. Luaran dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternative solusi bagi terciptanya lingkungan bermain anak usia dini yang baik


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi PEN/DI/Feb/p/2021
KT20231371
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - BACA DI TEMPAT
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PEN/DI/Feb/p/2021
Penerbit
Yogyakarta : Lembaga Penelitian ISI Yk., 2021
Deskripsi Fisik
viii + 29 hal., lamp.; 30 cm
Bahasa
INDONESIA
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Desain Interior
anak usia dini
Pandemi
Area bermain
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Visitor
  • Login Pustakawan

  • Beranda
  • Kirim Saran & Pertanyaan
  • Usul Tambah Koleksi
  • OPAC Pascasarjana
  • Koleksi Digital
  • E-Journal

Tentang Kami

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa


Statistik Pengunjung Online

Cari

Custom Search



© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik