Berita

25 May 2023 : Acara Sosialisasi Turnitin Berjalan Baik Dan Lancar

19 May 2023 : Sosialisasi Turnitin Bagi Dosen ISI Yogyakarta

5 April 2023 : Perkuliahan Mahasiswa DKV Di Laboratorium Komputer Perpustakaan

15 March 2023 : Sosialisasi Layanan E Book Dan E Journal Perpustakaan ISI Yogyakarta

23 February 2023 : Bimtek Dan Library Tour Perpustakaan ISI Yogyakarta

2 February 2023 : Bimtek Unggah Mandiri Calon Wisudawan Periode 1 Tahun 2023

26 January 2023 : Persiapan Sosialisasi Layanan Wisuda Periode 1 Tahun 2023

22 December 2022 : Penyerahan Cinderamata Dan Laporan Akhir Praktikum Lapangan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyayakarta

29 November 2022 : Pelatihan Akses E-Book Bagi Pustakawan

15 November 2022 : Kunjungan Perpustakaan Galeri Nasional Singapura Ke Perpustakaan ISI Yogyakarta

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Masuk
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian

Implementasi Social Network Learning Berbasis Edmodo sebagai Alternatif Pertemuan Kelas pada Situasi Pandemik Covid-19 di Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta

PRATAMA, Ujang Nendra - Nama Orang; Galuh Destari Kumala Dewi - Nama Orang;

Pandemik Covid-19 membawa dampak yang sangat besar bagi seluruh aktivitas kehidupan manusia akhir-akhir ini, tak terkecuali di bidang pendidikan tinggi. Berdasarkan persoalan yang timbul akibat datangnya virus Corona yang memiliki kemampuan menyebar sangat cepat dan luas, maka komunitas belajar pun sampai harus dibatasi. Masing-masing dari satuan pendidikan telah mengeluarkan surat edaran resmi dalam rangka memberikan alternatif pelaksanaan pembelajaran pertemuan kelas dengan pembelajaran daring. Berbagai macam online tools telah dijadikan media baru oleh para pendidik di lingkungan ISI Yogyakarta untuk memenuhi kebutuhan belajar para mahasiswa. Salah satu platform pembelajaran online yang cukup popular di dunia adalah Edmodo. Beberapa fitur dalam aplikasi tersebut dapat menyediakan berbagai perangkat pengajaran, seperti sharing materi berbagai format, presensi digital, penugasan, kuis formatif, hingga arsip skor untuk bahan penilaian. Aplikasi Edmodo dapat digunakan melalui platform Android maupun web browser sehingga dapat memudahkan fleksibilitas ruang dan waktu. Aplikasi telah dimanfaatkan oleh peneliti guna mendukung pembelajaran di tengah penuh keterbatasan dewasa ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan kelas online berbasis edmodo, dengan cara melakukan survei respon pengguna yaitu para mahasiswa. Kuesioner diberikan pada seluruh mahasiswa aktif jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan dari tiga angkatan, yaitu berjumlah 125. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif berupa tabulasi dan visualisasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas online sebagai alternatif pertemuan kelas dinyatakan baik oleh para mahasiswa. Preferensi pilihan responden baik secara frekuensi pilihan maupun rerata skor pada setiap aspek indikator penilaian menunjukkan level High. Hasil menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara responden laki-laki dan perempuan. Data hasil penelitian ini lebih lanjut dapat dimanfaatkan sebagai kajian produktif untuk penerapan pembelajaran jarak jauh di bidang Pendidikan Seni Pertunjukan. Luaran yang dihasilkan berupa publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah yang telah tercapai adalah artikel prosiding penelitian internasional bereputasi dan Jurnal nasional terakreditasi. Kata_kunci_1: covid-19, pembelajaran seni, edmodo, pembelajaran daring


Ketersediaan
KT20231395PEN/PSP/Pra/i/2020Ruang SkripsiTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - BACA DI TEMPAT
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PEN/PSP/Pra/i/2020
Penerbit
Yogyakarta : Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta., 2020
Deskripsi Fisik
viii + 16 hlm.; bib.; lamp.; 30 cm
Bahasa
INDONESIA
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
pendidikan seni pertunjukan
Social Nertwork Learning
Info Detail Spesifik
Penelitian Dosen ISI Yogyakarta Skema Penelitian Dosen Pemula
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Visitor
  • Login Pustakawan

  • Beranda
  • Kirim Saran & Pertanyaan
  • Usul Tambah Koleksi
  • OPAC Pascasarjana
  • Koleksi Digital
  • E-Journal

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa


Statistik Pengunjung Online

Cari

Custom Search



© 2023 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik