Berita

25 May 2023 : Acara Sosialisasi Turnitin Berjalan Baik Dan Lancar

19 May 2023 : Sosialisasi Turnitin Bagi Dosen ISI Yogyakarta

5 April 2023 : Perkuliahan Mahasiswa DKV Di Laboratorium Komputer Perpustakaan

15 March 2023 : Sosialisasi Layanan E Book Dan E Journal Perpustakaan ISI Yogyakarta

23 February 2023 : Bimtek Dan Library Tour Perpustakaan ISI Yogyakarta

2 February 2023 : Bimtek Unggah Mandiri Calon Wisudawan Periode 1 Tahun 2023

26 January 2023 : Persiapan Sosialisasi Layanan Wisuda Periode 1 Tahun 2023

22 December 2022 : Penyerahan Cinderamata Dan Laporan Akhir Praktikum Lapangan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyayakarta

29 November 2022 : Pelatihan Akses E-Book Bagi Pustakawan

15 November 2022 : Kunjungan Perpustakaan Galeri Nasional Singapura Ke Perpustakaan ISI Yogyakarta

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Masuk
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Penelitian

Penciptaan Seni Gim Edukasi Pancasila Dengan Model Role-Playing Game

GUNANTO, Samuel Gandang - Nama Orang;

Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh keterlibatan siswa dalam setiap proses upaya tujuan pembelajaran. Aspek keterlibatan ini meliputi aspek perilaku, emosi, dan kognitif. Pembelajaran mengenai nilai-nilai sosial dan moral tidak hanya bisa diajarkan melalui teori saja, contoh pengamalan dan rasa keterlibatan siswa dalam menghayatinya membutuhkan strategi pembelajaran tersendiri. Indonesia sebagai bangsa yang heterogen memiliki pedoman nilai-nilai berbangsa yang sudah diyakini mampu mempersatukan bangsa ini dari jaman perjuangan sampai pada masa pembangunan saat ini. Nilai-nilai ini terkandung dalam dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila. Pancasila sebagai pandangan hidup dan jiwa kepribadian bangsa Indonesia saat ini mulai terkikis dengan adanya tingkat kebebasan informasi yang terbuka akibat adanya revolusi industri keempat. Strategi baru untuk media edukasi Pancasila dengan mempertimbangkan perilaku belajar generasi sekarang sangatlah diperlukan. Gim selaku media edukasi modern sangat efektif sebagai media yang mampu menghadirkan situasi belajar yang komprehensif. Oleh karena itu penelitian terapan ini bertujuan untuk merancang dan menciptakan gim seni edukasi Pancasila dengan melakukan pengembangan model permainan peran yang memiliki pemeranan strategis yang mampu menghadirkan aspek keterlibatan siswa dalam proses belajar secara virtual dalam bentuk peran si karakter utama dalam gim. Penciptaan gim edukasi Pancasila dengan model role-playing game dilakukan dengan tahapan produksi sebuah game dua dimensi dan mengimplementasi metode pembuatan perangkat lunak SDLC waterfall. Metode ini memiliki lima buah tahapan pembuatan seni gim, yaitu: tahap analisis kebutuhan, tahap desain sistem, tahap kode penulisan program, tahap pengujian program, dan tahap penerapan program. Setiap tahapan akhir yang dilalui akan dilakukan uji kesiapan produk sehingga mampu menghasilkan purwarupa yang handal. Hasil akhir yang ingin dicapai selain luaran wajib, berupa artikel ilmiah jurnal terakreditasi SINTA-2 dengan status diterima dan perolehan kekayaan intelektual hak cipta dengan status diberikan,


Ketersediaan
KT20231290PEN/AN/Gun/p/2020Ruang SkripsiTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - BACA DI TEMPAT
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PEN/AN/Gun/p/2020
Penerbit
Yogyakarta : LPPM ISI Yogyakarta., 2020
Deskripsi Fisik
36 hal.; 30 cm
Bahasa
INDONESIA
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pancasila
gim
Playing game
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Visitor
  • Login Pustakawan

  • Beranda
  • Kirim Saran & Pertanyaan
  • Usul Tambah Koleksi
  • OPAC Pascasarjana
  • Koleksi Digital
  • E-Journal

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa


Statistik Pengunjung Online

Cari

Custom Search



© 2023 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik