Berita

Pameran Koleksi Perpustakaan 2025

Pada Saat Pembelajaran Daring Layanan Perpustakaan Tetap Buka

Lomba Desain Photobooth

Pengumuman Layanan Yudisium-Wisuda

Pengumuman Layanan Perpustakaan Selama Libur Nasional Dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1446 H

Kegiatan Workshop Pemanfaatan Perpustakaan Berjalan Lancar

Kegiatan Tanya Pustakawan #1: Layanan Bebas Pustaka & Unggah Mandiri Berjalan Lancar

Info Wisuda 2025: Tanya Pustakawan #1- Layanan Bebas Pustaka & Unggah Mandiri

Layanan Pengecekan Turnitin

Audit Surveillance ISO 9001:2015 Dan ISO 21001:2018

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Masuk
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Penelitian

Penciptaan Seni Gim Edukasi Pancasila Dengan Model Role-Playing Game

GUNANTO, Samuel Gandang - Nama Orang;

Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh keterlibatan siswa dalam setiap proses upaya tujuan pembelajaran. Aspek keterlibatan ini meliputi aspek perilaku, emosi, dan kognitif. Pembelajaran mengenai nilai-nilai sosial dan moral tidak hanya bisa diajarkan melalui teori saja, contoh pengamalan dan rasa keterlibatan siswa dalam menghayatinya membutuhkan strategi pembelajaran tersendiri. Indonesia sebagai bangsa yang heterogen memiliki pedoman nilai-nilai berbangsa yang sudah diyakini mampu mempersatukan bangsa ini dari jaman perjuangan sampai pada masa pembangunan saat ini. Nilai-nilai ini terkandung dalam dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila. Pancasila sebagai pandangan hidup dan jiwa kepribadian bangsa Indonesia saat ini mulai terkikis dengan adanya tingkat kebebasan informasi yang terbuka akibat adanya revolusi industri keempat. Strategi baru untuk media edukasi Pancasila dengan mempertimbangkan perilaku belajar generasi sekarang sangatlah diperlukan. Gim selaku media edukasi modern sangat efektif sebagai media yang mampu menghadirkan situasi belajar yang komprehensif. Oleh karena itu penelitian terapan ini bertujuan untuk merancang dan menciptakan gim seni edukasi Pancasila dengan melakukan pengembangan model permainan peran yang memiliki pemeranan strategis yang mampu menghadirkan aspek keterlibatan siswa dalam proses belajar secara virtual dalam bentuk peran si karakter utama dalam gim. Penciptaan gim edukasi Pancasila dengan model role-playing game dilakukan dengan tahapan produksi sebuah game dua dimensi dan mengimplementasi metode pembuatan perangkat lunak SDLC waterfall. Metode ini memiliki lima buah tahapan pembuatan seni gim, yaitu: tahap analisis kebutuhan, tahap desain sistem, tahap kode penulisan program, tahap pengujian program, dan tahap penerapan program. Setiap tahapan akhir yang dilalui akan dilakukan uji kesiapan produk sehingga mampu menghasilkan purwarupa yang handal. Hasil akhir yang ingin dicapai selain luaran wajib, berupa artikel ilmiah jurnal terakreditasi SINTA-2 dengan status diterima dan perolehan kekayaan intelektual hak cipta dengan status diberikan,


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi PEN/AN/Gun/p/2020
KT20231290
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - BACA DI TEMPAT
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PEN/AN/Gun/p/2020
Penerbit
Yogyakarta : LPPM ISI Yogyakarta., 2020
Deskripsi Fisik
36 hal.; 30 cm
Bahasa
INDONESIA
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pancasila
gim
Playing game
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Visitor
  • Login Pustakawan

  • Beranda
  • Kirim Saran & Pertanyaan
  • Usul Tambah Koleksi
  • OPAC Pascasarjana
  • Koleksi Digital
  • E-Journal

Tentang Kami

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa


Statcounter Statistik Pengunjung Online

Cari

Custom Search



© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik