Tugas Akhir
Pembelajaran Tembang Dolanan Di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses dan hasil
dari pembelajaran tembang dolanan dengan pendekatan SAVI (somatic,
auditory, visual, intellectual). Pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual,
intellectual) merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkan
gerak fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua panca indra.
Pendekatan SAVI sangat sesuai dengan materi tembang dolanan karena
dalam tembang dolanan, siswa diajak untuk bergerak (Somatic),
menembangkan (melagukan) kembali tembang dolanan yang didengar
(Auditory), dilihat melalui VCD/Video (Visual), dan yang terakhir mencari
pesan-pesan yang terkandung di dalam lirik tembang dolanan (intellectual).
Adapun metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah
kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model
Miles and Huberman yang melalui tiga tahap analisis data, yaitu reduksi data,
penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil yang
diperoleh dalam penelitian ini adalah siswa mampu mengikuti, memahami
dan merealisasikan dalam praktik pada proses pembelajaran tembang
dolanan dengan menggunakan pendekatan savi dengan baik, oleh karenanya
tujuan pembelajaran dapat tercapai. Hasil nilai-nilai positif yang diperoleh
dari pembelajaran tembang dolanan adalah tercermin pada sikap dan
perilaku siswa mengenai nilai-nilai solidaritas, toleransi, gotong royong, etika
sosial, serta kebijaksanaan.
KT20228972 | MS/Lar/p/2022 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain