Tugas Akhir
Metode Pembelajaran Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan
Sanggar Seni Pusaka Saijaan adalah suatu kebanggan yang dimiliki oleh Kabupaten Kotabaru dengan banyak prestasi yang di dapat dengan berbagai event-event yang diikuti diluar dari Kabupaten Kotabaru. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran pada Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah tentang Metode pembelajaran Seni Tari Japin Sigam di Sanggar Seni Pusaka Saijaan Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Sedangkan subjek penelitian ialah pelatih, ketua sanggar, pembina, dan peserta didik Sanggar Seni Pusaka Saijaan (S2PSKB). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi foto-foto kegiatan pembelajaran. Validasi data dilakukan dengan membandingkan data dari hasil wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Tari Japin Sigam pada Sanggar Seni Pusaka Saijaan menggunakan (1) metode ceramah, (2) metode demonstrasi, (3) metode diskusi, dan (4) metode drill. Metode demonstrasi digunakan pelatih dalam memeragakan dan mencontohkan gerakan. Metode ceramah digunakan dalam memberikan penjelasan atau pengertian kepada peserta didik sebelum memasuki pembelajaran Tari Japin Sigam. Metode diskusi digunakan apabila peserta didik belum paham terhadap materi yang disampaikan. Peserta didik juga dapat berdiskusi dengan teman kelompoknya agar memecahkan permasalahan dalam pembelajaran tersebut. Metode drill digunakan untuk menghafalkan gerak yang sudah diberikan oleh pelatih
KT20218667 | PSP/Aup/m/2021 | Ruang Skripsi | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - BACA DI TEMPAT |
Tidak tersedia versi lain