Berita

13 September 2023 : Koleksi Perpustakaan ISI Yogyakarta Akan Dipamerkan

8 September 2023 : Layanan Koleksi Digital Perpustakaan ISI Yogyakarta

1 September 2023 : Sosialisasi Layanan Digital Perpustakaan

29 August 2023 : Pengenalan Sistem Informasi Akademik (SIAK) Bagi Mahasiswa Inbound PMM

21 August 2023 : Penyerahan Hadiah Pemenang Lomba Desain Denah Perpustakaan

16 August 2023 : Berani Berubah Dan Berhenti Mengeluh

10 August 2023 : Pengumuman Pemenang Lomba Desain Denah Perpustakaan

9 August 2023 : UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta Akan Mengadakan Seminar Nasional

3 July 2023 : Pengumuman Layanan Perpustakaan Bagi Calon Wisudawan Periode II Tahun 2023

3 July 2023 : UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta Mengadakan Lomba Desain Denah Perpustakaan

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Masuk
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Tugas Akhir

Mitos Maskulinitas Dalam Iklan (Studi Kasus Iklan Produk Kecap ABC)

MARDIANTI, Nurmala Putri - Nama Orang;

Ideologi gender yang menghasilkan stereotipe tentang pembagian peran
(peran domestik dan publik) berdasarkan jenis kelamin memiliki pengaruh besar
dalam masyarakat. Laki-laki sebagai gender yang dominan memiliki tanda
maskulinitas sebagai alat ukur utama dalam pembagian peran tersebut. Iklan yang
dipublikasikan di televisi maupun media sosial menjadi salah satu media yang
melanggengkan ideologi gender tersebut melalui pesan-pesan yang disampaikan.
Selain itu pesan dalam iklan menjadi salah satu alat dimana gagasan baru akan
disampaikan kepada masyarakat, salah satunya adalah kesetaraan gender yang
berusaha diangkat dalam iklan produk Kecap ABC.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan mitos yang dihasilkan
pada iklan televisi Kecap ABC “Super Bunda dan Suami Sejati” dan iklan yang
dipublikasikan pada platform Instagram. Menggunakan analisis semiotika milik
Roland Barthes dimana melalui tiga tahap akan dibedah scene serta aspek visual
yang ada pada dua iklan yang menjadi objek kajian. Tataran pertama yang akan
membedah makna denotasi, tataran kedua akan membedah makna konotasi hingga
pada akhirnya sampai pada tataran ketiga akan menghasilkan mitos yang memiliki
fungsi mengungkapkan serta memberi pembenaran atas nilai dominan yang
berlaku dalam masyarakat pada periode tertentu. Melalui ketiga tahapan tersebut
tentunya akan dipaparkan berbagai kategori tentang bagaimana masing-masing
gender divisualkan dalam iklan.
Berbagai temuan hasil analisis tersebut tentunya didasarkan pada
kebutuhan untuk menjual produk yaitu Kecap ABC. Dengan demikian produsen
mengantarkan gagasan baru tentang kesetaraan gender dengan menjadikan lakilaki sebagai objek melalui iklan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pembuat
iklan mengunakan maskulinitas dalam wacana kesetaraan gender sebagai
komoditas bagi produk mereka, yaitu Kecap ABC. Iklan telah memproduksi dan
mendekonstruksi budaya serupa tentang maskulinitas dalam implikasi teoritis dari
penelitian ini. Jadi dapat dikatakan bahwa media seperti iklan telah
mengkonstruksi mitos maskulinitas sehingga mitos tersebut telah menjadi nilainilai yang secara alamiah dipakai dalam masyarakat.


Ketersediaan
KT20218290DK/Mar/m/2019Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
DK/Mar/m/2019
Penerbit
Yogyakarta : Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 118 hlm.: ilus.; 29 cm.
Bahasa
INDONESIA
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
DK/Mar/m/2019
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Mitos
Iklan
semiotika
Maskulinitas
kecap ABC
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Visitor
  • Login Pustakawan

  • Beranda
  • Kirim Saran & Pertanyaan
  • Usul Tambah Koleksi
  • OPAC Pascasarjana
  • Koleksi Digital
  • E-Journal

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa


Statistik Pengunjung Online

Cari

Custom Search



© 2023 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik