Tugas Akhir
Transformasi Nagara Krtagama dalam Simfoni Indonesia Mulia
Disertasi ini adalah sebuah diskripsi proses dan hasil penciptaan komposisi
musik yang berjudul Transformasi Nagara Krtagama dalam Simfoni Indonesia
Mulia. Karya ini diciptakan untuk orkestra, paduan suara, dan beberapa instrumen
gamelan Jawa. Ide penciptaan karya ini bermula dari kekaguman penulis pada
kebesaran nama Kerajaan Majapahit yang di kemudian hari timbul kegelisahan
subjektif penulis melihat kondisi Indonesia saat ini bila dibandingkan dengan
cerita masa lalu sejarah kebesaran bangsa. Ide tersebut menimbulkan pertanyaan,
bagaimana mentransformasi teks Nagara Krtagama ke dalam komposisi musik,
menyusun komposisi musik untuk orkestra yang memunculkan impresi gamelan
Jawa, dan secara kompositoris menemukan teknik penggarapan secara kreatif,
terlebih teknik penggarapan yang baru.
Proses penciptaan dan penelitian ini didukung dengan beberapa sumber, di
antaranya sebagai berikut. Referensi pustaka: teori musik/komposisi, sejarah
Majapahit, partitur-partitur karya-karya dunia. Media cetak dan elektronik.
Referensi diskografi: audio/audio-visual dari karya-karya musik yang ada di
Indonesia dan dunia, selain karya-karya penulis. Menghadiri konser-konser
musik.
Penciptaan karya dan penulisan disertasi ini melalui beberapa proses,
yaitu: mengkaji sumber-sumber yang terkait, mendatangi situs-situs sejarah yang
terkait, eksplorasi ide musikal, menyusun komposisi, mendengar-merasakanmengkaji-
merevisi komposisi, dan menyusun disertasi.
Simfoni Indonesia Mulia terdiri dari: Bagian 1: Introduksi, Bagian 2:
Nagara Krtagama, dan Bagian 3: Indonesia Mulia. Komposisi ini menghadirkan
eksperimentasi teknik penggarapan komposisi ‘multi musikal dan rancang
dramatik’ pada bagian kedua.
Tidak tersedia versi lain