Berita

15 March 2023 : Sosialisasi Layanan E Book Dan E Journal Perpustakaan ISI Yogyakarta

23 February 2023 : Bimtek Dan Liberary Tour Perpustakaan ISI Yogyakarta

2 February 2023 : Bimtek Unggah Mandiri Calon Wisudawan Periode 1 Tahun 2023

26 January 2023 : Persiapan Sosialisasi Layanan Wisuda Periode 1 Tahun 2023

22 December 2022 : Penyerahan Cinderamata Dan Laporan Akhir Praktikum Lapangan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyayakarta

29 November 2022 : Pelatihan Akses E-Book Bagi Pustakawan

15 November 2022 : Kunjungan Perpustakaan Galeri Nasional Singapura Ke Perpustakaan ISI Yogyakarta

5 November 2022 : Pemilihan Peminjam Teraktif Kategori Sahabat Perpustakaan Dan Duta Baca Tahun 2022

27 October 2022 : Antusias Pengunjung Pameran Koleksi Perpustakaan

21 October 2022 : Pameran Koleksi Dan Pemilihan Pemustaka Teraktif UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Masuk
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Buku Teks

Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Surat-Surat Pendek Juz Amma sebagai Media Pendamping Hafalan Qur’an Anak

JINAN, Aisyah Tsuroyya - Nama Orang;

Di Sekolah, media yang paling sering digunakan oleh anak-anak adalah lembar kerja, dan buku paket, yang sebagian besar berisi kata-kata, dan paragraf-paragraf panjang tanpa ilustrasi yang mendukung, hal ini membuat anak cepat merasa bosan dan tidak fokus. Berlaku sama dengan Al-Qur’an. Al-Qur’an merupakan kitab dan pedoman untuk umat muslim, dan membacanya merupakan ibadah. Al-Qur’an berisi kalimat-kalimat dengan bahasa Arab dan makna yang sulit dipahami oleh anak-anak. Hal ini ditakutkan dapat mengurangi minat anak dalam menghafal dan membaca Al-Qur’an. Sehingga pembelajaran menghafal Al-Qur’an harus dikemas dengan metode yang efektif, dan menarik.Tujuan dari perancangan ini adalah membuat media pembantu yang efektif dan menarik untuk anak-anak dalam menghafalkan surat-surat dalam Al-Qur’an. Buku ilustrasi interaktif merupakan perpaduan antara visual, literasi, dan juga kegiatan interaktif, perpaduan ini dapat menjadi pilihan yang tepat dalam memperkenalkan hafalan Qur’an kepada anak-anak.Dengan mempertimbangkan kecerdasan dan kekuatan daya ingat anak, penggunaan Juz Amma atau juz 30 dipilih karena Juz Amma berisikan surat-surat pendek yang kemudian dipadukan dengan metode VARK dari Fleming. VARK merupakan 4 metode pembelajaran berupa visual, aural, reading, dan kinestetik. Perancangan buku ilustrasi interaktif ini menggunakan visual, reading, dan kinestetik. Hal ini tampak dari visual desain layout, warna,dan tipografi yang disesuaikan dengan anak-anak dan juga ilustrasi yang diolah dari makna masing-masing surat pendek dalam Juz Amma, dan kegiatan interaktif berupa flip a flap pada tiap surat dan permainan stiker, dapat membuat anak-anak menjadi lebih tertarik untuk membaca dan menghafal Al-Qur’an. Pendekatan visual pada ilustrasi dan menggabungkannya dengan game interaktif berupa permainan menempel stiker pada surat-surat pendek Juz Amma, dapat membuat Al-Qur’an menjadi lebih mudah dicerna dan menarik perhatian anak-anak.

Kata Kunci : Al-Qur’an, Anak-anak, Buku Ilustrasi Interaktif.


Ketersediaan
KT20207645DK/Jin/p/2020Ruang SkripsiTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
DK/Jin/p/2020
Penerbit
Yogyakarta : FSR ISI Yogyakarta., 2020
Deskripsi Fisik
xvii+94 hal. ilus.; bib.; lamp.; 30 cm
Bahasa
INDONESIA
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
cover buku
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Surat-Surat Pendek Juz Amma sebagai Media Pendamping Hafalan Qur’an Anak
Komentar

Anda harus login sebelum memberikan komentar
UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Visitor
  • Login Pustakawan

  • Beranda
  • Kirim Saran & Pertanyaan
  • Usul Tambah Koleksi
  • OPAC Pascasarjana
  • Koleksi Digital
  • E-Journal

Tentang Kami

UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa


Statistik Pengunjung Online

Cari

Custom Search



© 2023 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik