Tugas Akhir
Perancangan Infografis Bergerak Sebagai Media Edukasi Seni Rupa Postmodernisme Di Indonesia
Pokok permasalahan perancangan ini dimulai dari munculnya kegelisahan
atas kehidupan manusia sekarang yang ditampilkan melalui pencitraan yang
menarik atau bahkan lelucon yang dapat diterima sebagai sebuah realitas.
Praktik tersebut disebut-sebut sebagai bagian dari seni rupa postmodernisme.
Postmodernisme memiliki daya tarik yang positif sekaligus daya guna bagi
analisis budaya populer. Objek-objek seni dalam masyarakat kebudayaan
postmodern merupakan bagian dari kebudayaan materi budaya populer.
Postmodernisme, konsumerisme dan objek-objek estetik didalam masyarakat
konsumer adalah mata rantai yang tidak bisa dipisahkan. Postmodernisme
memiliki lima idiom estetik, yaitu pastiche, parodi, kitsch, camp dan skizofrenia.
Perancangan ini menggunakan infografis bergerak sebagai media edukasi
penyampaian pesan kepada khalayak. Infografis bergerak tentu saja dapat
menghidupkan konten infografis perancangan ini. Umumnya, jika ada suara latar
belakang, orang dapat menikmati narasi yang disajikan dalam satu sajian yang
menarik. Secara umum, infografis ini mempunyai peluang untuk didistribusikan
seluas-luasnya secara online; masyarakat populer saat ini adalah masyarakat
yang membagikan karya dan respon terbaik mereka di ajang online.
Kata kunci: postmodern, postmodernisme, online, pastiche, parodi, kitsch,
camp, skizofrenia, budaya populer, infografis, infografis
bergerak
KT20186405 | DK/Wah/p/2018 | Ruang Skripsi | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - BACA DI TEMPAT |
Tidak tersedia versi lain