Tugas Akhir
Interpretasi Permainan Rebab Dalam Teknik Permainan Biola Pada Lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang
Yen Ing Tawang Ono Lintang adalah sebuah langgam Jawa yang diciptakan
oleh Andjar Any yang pada umumnya dimainkan dalam sebuah sajian musik
keroncong dan karawitan Jawa dilantunkan dalam musik pentatonis dengan titi laras
pelog patet nem. Salah satu instrumen musik diatonis dan gamelan Jawa adalah biola
dan rebab yang memiliki hubungan sesama alat musik gesek. Penulisan ini akan
menjelaskan menginterpretasikan permainan rebab dalam teknik permainan biola
pada lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang. Dalam penulisan tugas akhir ini akan
dibahas penelitian pentatonis dibaca dengan kacamata musikologis. Metode kualitatif
dengan pendekatan musikologis pada cakupan unsur ilmu di dalamnya seperti
melodi, dinamik, harmoni dan warna suara. Perbedaan nada pentatonis pelog patet
nem yang dihasilkan dalam penalaan penelitian ini cenderung lebih rendah dari nada
diatonis yang menggunakan sistem tuning equal temperament, just intonation, meantone
temperament dan sistem perbandingan yang mempunyai standarisasi nada A
440-445 hertz. Bentuk lagu Yen Ing Tawang Ono Lintang adalah incipient three-part
song form. Biola dan rebab memiliki peran penting dalam sebuah sajian musik
keroncong maupun karawitan Jawa. Biola sangat bisa menginterpretasikan permainan
rebab dengan cara menyesuaikan pitch antara biola dengan gamelan terlebih dahulu,
kemudian melatih dan menerapkan teknik-teknik kosokan, cengkok permainan rebab
dan menciptakan rasa yang akan dibawakan pada permaianan tersebut dengan cara
mengetahui latar belakang isi lagu.
KT20197183 | MS/Sar/i/2019 | Ruang Skripsi | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - BACA DI TEMPAT |
Tidak tersedia versi lain