Tugas Akhir
Tayangan Iklan Televisi Rokok Djarum 76 Episode Korupsi Dalam Kajian Semiotika
Iklan televisi rokok Djarum 76 episode “Korupsi” ini merupakan objek penelitian yang dipilih oleh penulis karena iklan ini mengandung unsur humor di dalamnya. Iklan ini mengandung unsur humor yang bersifat menyindir tentang masalah social yang di dalamnya banyak terkandung substansi penandaan yang mengandung kritik. Penelitian terhadap iklan ini bertujuan untuk mencari makna apa yang terdapat di dalam iklan rokok djarum 76. Penelitian kemudian dilakukan dengan menggunakan teori semiotika dari Roland Barthes dengan mengidentifikasinya ke dalam bentuk denotasi dan konotasi untuk mencari makna yang terkandung di dalam iklan dan kemudian menganalisis sesuai dengan konteks dan mitosnya. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa iklan Rokok Djarum 76 ini mengupayakan agar audiens dapat menerima iklan menjadi sebuah parodi yang dapat mengesampingkan kesan sarkas dengan humor dan iklan tersebut lebih mendapat tempat di masyarakat sekaligus memanfaatkan celah dari perundang-undangan yang dibuat oleh pemerintah untuk melakukan promosi iklan rokok
KT20197279 | DK/Ana/t/2019 | Ruang Skripsi | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - BACA DI TEMPAT |
Tidak tersedia versi lain