Tugas Akhir
Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat "Sudah Bersih?"
Perancangan "Video Iklan Layanan Masyarakat- Sudah Bersih?" ini
dibuat untuk memacu kesadaran masyarakat agar membuang sampah pada
tempatnya. Menurut berbagai sumber yang ada Indonesia menjadi negara terkotor
ke-7 di dunia, tentu ini bukan menjadi sebuah kebanggaan melainkan sebuah
tamparan keras. Penyebab utamanya adalah perilaku NIMBY oleh masyarakat
urban. NIMBY (Not In My Back Yard), adalah fenomena dimana orang peduli
akan kebersihan lingkungan tetapi hanya sebatas di lingkungan rumahnya saja,
kebersihan di tempat lain cenderung untuk tidak mau tahu karena merasa itu
bukan tanggung jawabnya. Sehingga permasalahan utamanya adalah soal mental.
Menurut data dari Kantor Perpustakaan Nasional daya baca masyarakat
Indonesia termasuk rendah, 10% masyarakat berumur sepuluh tahun kebawah
gemar membaca tetapi sembilan puluh persen di atas sepuluh tahun gemar
menonton televisi. Dari data inilah video dipilih untuk dijadikan media iklan
layanan masyarakat, merujuk dari data yang sudah ada jika memberikan
himbauan dalam bentuk teks tidak akan bekerja secara efektif karena daya baca
masyarakat Indonesia rendah.
Konten yang akan ditampilkan dalam video tentu tidak secara gamblang
menampilkan tentang sampah, tetapi akan ditampilkan dengan bentuk dramaromantis.
Masyarakat Indonesia masih menjadikan tontonan drama-romantis ini
menjadi tontonan favorit mereka ini bisa ditemukan pada jumlah penonton film
drama-romantis selama sepuluh tahun terakhir selalu menunjukkan angka yang
besar. Sehingga dirasa video iklan layanan masyarakat ini nanti bisa menjadi iklan
yang mengedukasi, menghibur dan tentunya mempersuasi masyarakat untuk
membuang sampah pada tempatnya.
Kata kunci : Video, mental, sampah.
DK170805974 | DK/Pus/p/2017 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain