Tugas Akhir
Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Diabetes
Pola hidup masyarakat saat ini dapat dikatakan sudah sangat buruk, mulai
dari pola makan, pola aktifitas, hingga pola istirahat, semuanya tidak pada porsi
yang tepat. Aneka makanan mulai dari makanan ringan hingga berat menjamur ke
berbagai titik di penjuru tanah air. Bisnis kuliner seakan tidak ada hentinya
bahkan terus bertambah sesukanya. Kemajuan teknologi berkembang pesat,
semuanya berlomba-lomba menawarkan kemudahan dalam beraktifitas.
Perkembangan ini berbanding terbalik dengan kesadaran masyarakat akan
kesehatan. Tingkat aktifitas fisik yang rendah, diramu dengan pola makan yang
tidak terkontrol mengakibatkan timbulnya penyakit degeneratif seperti diabetes.
Diabetes menjadi dampak dari pola hidup tersebut, diabetes menjadi masalah
kesehatan terbesar di negeri ini yang harus diselesaikan, dilaporkan bahwa
separuh penderita diabetes tidak menyadari kondisinya. Kematian akibat diabetes
pada 2012 mencapai 4,8 juta orang. Populasi penderita diabetes mellitus (DM) di
Indonesia saat ini menduduki peringkat kelima terbanyak di dunia. Berdasarkan
data IDF Diabetes Atlas, pada tahun 2013 penderita DM di Tanah Air mencapai
8.554.155 orang.
Desain komunikasi visual merupakan sebuah studi yang dianggap mampu
menjadi sebuah pemecah permasalahan. Dalam merancang iklan layanan
masyarakat, dibutuhkan tahap-tahap dalam mewujudkannya. Diawali dari riset
mengenai diabetes, analisa target audiens hingga perwujudannya. Analisa target
audiens mampu memberi kesimpulan media apa yang akan dipakai dalam
menyampaikan pesan. Iklan layanan masyarakat adalah media komunikasi masa
yang bertujuan untuk menyampaikan pesan yang bersifat penyadaran. Iklan
layanan masyarakat dinilai mampu sebagai solusi penyadaran pola hidup
masyarakat. Melalui sebuah iklan layanan masyarakat pesan-pesan sosial yang
berkaitan dengan kesehatan disampaikan dalam perancangan ini. Pesan merubah
pola hidup masyarakat dengan media visual diharapkan mampu mengatasi
masalah diabetes yang ada di Negara ini. Pesan secara metafora bisa menjadi
alternatif sebagai ide penciptaan iklan layanan masyarakat.Fotografi menjadi alat
untuk menampilkan pesan secara metafora. Penggunaan objek visual tertentu
menjadi simbol yang harus diartikan dalam mengolah pesan dalam perancangan
ini.
Kata kunci : Pola Hidup, Dibetes, Iklan Layanan Masyarakat
TDK170701049 | TES/DK/Ram/p/2017 | Ruang Skripsi | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain