Berita

Pengumuman Pemenang Lomba Desain Photobooth Perpustakaan

Pameran Koleksi Perpustakaan 2025

Pada Saat Pembelajaran Daring Layanan Perpustakaan Tetap Buka

Lomba Desain Photobooth

Pengumuman Layanan Yudisium-Wisuda

Pengumuman Layanan Perpustakaan Selama Libur Nasional Dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1446 H

Kegiatan Workshop Pemanfaatan Perpustakaan Berjalan Lancar

Kegiatan Tanya Pustakawan #1: Layanan Bebas Pustaka & Unggah Mandiri Berjalan Lancar

Info Wisuda 2025: Tanya Pustakawan #1- Layanan Bebas Pustaka & Unggah Mandiri

Layanan Pengecekan Turnitin

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Masuk
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Tugas Akhir

Strategi Pemasaran “Wayang Kampung Sebelah”

SITUMORANG, Setyabudhi Rahardjo - Nama Orang;

Wayang Kampung Sebelah (WKS) merupakan salah satu kelompok pertunjukan seni wayang kulit genre baru yang fenomenal di masyarakat sekarang ini serta digemari oleh banyak kalangan. Sepak terjangnya dalam pertunjukan seni wayang yang inovatif dan kreatif berimplikasi pada metode pemasaran yang dikembangkannya sehingga mampu menarik perhatian masyarakat terhadap karyanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan WKS digemari banyak kalangan, metode pemasaran yang digunakan oleh WKS serta tantangan yang dihadapi WKS dalam membuat inovasi pertunjukan wayang. Teori yang melandasi penelitian ini mengacu pada konsep segmentasi yang meliputi segmentation, targeting dan positioning (STP).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis data dilakukan berdasarkan teori strategi pemasaran dengan pendekatan studi kasus tipe instrumen tunggal menggunakan 3 narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dalang WKS dalam bercerita dan berkomunikasi dengan penonton susah ditiru karena merupakan talenta yang dimiliki oleh seseorang secara individual sehingga menarik penonton larut dalam cerita yang disampaikan. Strategi pemasaran WKS pada tahap segmentation dilakukan secara geographis dengan mempromosikan pertunjukan terhadap masyarakat desa, yang dalam perkembangannya semua kalangan usia dan pendidikan akhirnya menjadi penonton pertunjukan kelompok ini. Pada tahap targeting WKS tidak memilih secara khusus konsumen yang menjadi target pemasarannya dikarenakan pedoman yang dipegang oleh WKS, yaitu bahwa wayang harus bisa dinikmati oleh semua kalangan. Sedangkan pada tahap positioning, WKS telah berhasil memposisikan diri sebagai kelompok wayang yang unik dan susah ditiru oleh kelompok wayang lainnya meski ide pertunjukannya banyak mengacu pada gaya pertunjukan wayang tradisional yang telah lama ditinggalkan. WKS menerapkan empat tingkatan harga di dalam upaya memasarkan karya mereka yang meliputi serangan desa, serangan pentas bersubsidi, komersial publik dan komersial profesional. Tantangan dalam berkarya lebih banyak berasal dari faktor internal, yaitu mempertahankan semangat berkarya kelompok. sedangkan dari faktor eksternal tidak ada hambatan yang berarti namun dibutuhkan waktu cukup lama bagi WKS untuk dapat diterima oleh kalangan intelektual (akademis).


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi TES/MTS/Sit/s/2016
MTS170501060
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - BACA DI TEMPAT
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
TES/MTS/Sit/s/2016
Penerbit
Yogyakarta : PPS ISI Yogyakarta., 2016
Deskripsi Fisik
xii, 66 hal.: ilus., lamp.; 30 cm.
Bahasa
INDONESIA
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TES/MTS
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Dalang
Strategi Pemasaran
Tatakelola Seni
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Visitor
  • Login Pustakawan

  • Beranda
  • Kirim Saran & Pertanyaan
  • Usul Tambah Koleksi
  • OPAC Pascasarjana
  • Koleksi Digital
  • E-Journal

Tentang Kami

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa


Statcounter Statistik Pengunjung Online

Cari

Custom Search



© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik