Tugas Akhir
Karakter visual hantu pada poster film hantu Indonesia
Dalam tulisan ini poster film hantu sebagai penyampai pesan dari sebuah film hantu saat ini memiliki ilustrasi yang menggambarkan sesuai dengan subplot dari film hantu sendiri yaitu komedi dan seks. Fenomena hantu dalam poster film Indonesia tidak lagi menakutkan tetapi berkesan lucu, komedi, parodi serta seksi atau sensual. Poster film hantu Indonesia terjadi deskuntruksi dari fenomena hantu yang menakutkan dan menyeramkan menjadi fenomena hantu yang lucu, komedi, parodi serta sensual dan seksi. Poster film sebagai salah satu karya desain komunikasi visual ini akan dikaji dengan menggunakan semiotika dengan maksud untuk mencari makna yang ada dibalik kemunculan karakter visual hantu pada poster film hantu di Indonesia. Dengan demikian teori semiotika dengan pendekatan kode-kode dari Roland Barthes, interteks dari Julia Kristeva serta postruktural dari Jasques Derrida maka makna yang muncul adalah pergerseran makna akibat adanya tuntutan budaya kapitalisme dalam dunia hiburan dimana produser film lebih mengutamakan keuntungan semata bahkan dengan cara memancing kotroversi dan mengabaikan faktor isi cerita atau karakter pemain.
KT013492 | DK/Ind/k/2012 | Ruang Tandon Lt 3 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - BACA DI TEMPAT |
Tidak tersedia versi lain