Tugas Akhir
Strategi produksi dan pemasaran merchandise seni Eko Nugroho Tahun 2023
Penelitian ini memfokuskan pada pengembangan strategi produksi dan pemasaran seni di Kota Yogyakarta dengan menitikberatkan pada kreasi merchandise seni. DGTMB yang merupakan brand merchandise seni milik seniman Eko Nugroho, menjadi topik untuk penelitian. DGTMB merupakan pengembangan konsep dari “Dagingtumbuh” yang awalnya merupakan projek komik. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode pengumpulan data melalui wawancara serta observasi. Penelitian ini membahas strategi produksi dan pemasaran yang diterapkan oleh DGTMB melalui analisis internal, eksternal, dan SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Setelah memilih strategi yang terpilih, hasil analisis tersebut kemudian disesuaikan dengan penerapan strategi produksi dan pemasaran DGTMB. Penelitian ini menemukan bahwa strategi produksi dan pemasaran yang diterapkan oleh DGTMB berhasil dalam menjaga keberlanjutan dan pertumbuhan brand. Namun, evaluasi rutin dan penyesuaian strategi pemasaran serta produksi diperlukan untuk menghadapi dinamika pasar dan mengoptimalkan peluang yang ada
Tidak tersedia versi lain