Tugas Akhir
Perancangan Interior Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Higlob (Japan International Education) di Yogyakarta
Penyimpangan antara penurunan jumlah angka kelahiran dan pertumbuhan lansia menyebabkan menurunnya jumlah tenaga kerja di Jepang. Hal ini mendorong pemerintah Jepang untuk menjalin kerja sama dengan negara-negara berkembang, khususnya Indonesia. melalui program Tokutei Ginou atau program kerja berketerampilan spesifik dengan berbagai bidang ketenagakerjaan (Tombalisa et al., 2022). LPK Higlob hadir untuk mewadahi para pelaku bisnis dan calon tenaga kerja yang ingin magang ke Jepang dengan program pelatihan bahasa, mental dan kekuatan fisik. Proses desain menggunakan Design Thinking dari Triatmodjo, 2020 yang diadaptasi dari kerangka pikir metode double diamonds. Tujuan dari perancangan LPK ini untuk memberikan pengalaman yang berbeda dari LPK pada umumnya dengan menghadirkan suasana ruang yang mampu menstimulasi atau memotivasi para pengguna LPK secara holistik dengan menggunakan pendekatan Arsitektur Humanisme yang berfokus pada kebutuhan emosional, sosial dan budaya manusia. Pendekatan ini nantinya akan beriringan dengan konsep LPK Higlob itu sendiri, yaitu konsep “One Stop Learning” yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna ruang di dalam satu lokasi, namun LPK Higlob belum mencerminkan konsep ini kedalam Interior Lembaga. Maka dari itu, penulis ingin mengutamakan penggunaan furnitur fungsional dan fleksibel, mampu mengakomodasi ruang untuk bersantai, mini library, ruang multifungsi serta teknologi modern yang diharapkan mampu meningkatkan produktivitas pengguna, interaksi sosial dan menstimulus kreativitas.
Tidak tersedia versi lain