Tugas Akhir
Strategi ekspositori pada pembelajaran Tari Makepung dalam kegiatan ekstrakurikuler tari di SMA Negeri 2 Negara Bali
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan strategi pembelajaran ekspositori yang diterapkan pada kegiatan ekstrakurikuler Tari Makepung di SMA Negeri 2 Negara Bali. Penerapan strategi pembelajaran yang digunakan pada kegiatan ekstrakurikuler tari memberikan pembelajaran yang baik dan optimal kepada peserta didik. Hal ini berdampak pada kegiatan ekstrakurikuler Tari Makepung yang selalu ikut serta pada acara atau perlombaan yang menjadi target dari kegiatan ekstrakurikuler tari tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru pembimbing ekstrakurikuler tari. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran ekspositori ekstrakurikuler tari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yaitu guru pembimbing ekstrakurikuler tari yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler tari di SMA Negeri 2 Negara Bali. Teknik validasi yang digunakan yaitu triangulasi metode. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran ekspositori digunakan pada proses pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler Tari Makepung di SMA Negeri 2 Negara Bali. Strategi pembelajaran tersebut dapat diketahui melalui cara mengajar dan penerapannya, yaitu tujuan pembelajarannya yang berupa pementasan sebagai hasil pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini merupakan pendeskripsian penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada kegiatan ekstrakurikuler Tari Makepung di SMA Negeri 2 Negara Bali.
Tidak tersedia versi lain