Tugas Akhir
Project-Based Learning sebagai Model Pembelajaran Musik pada Siswa Kelas 7 SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu Bantul
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) dalam pembelajaran musik di SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu. Fokus utama penelitian adalah untuk meningkatkan keterlibatan dan kreativitas siswa, khususnya dalam memahami materi ritmis melalui penggunaan alat musik non�konvensional. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Project-Based Learning dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran musik. Siswa berkolaborasi dalam kelompok kecil terdiri 6-7 siswa perkelompok, untuk merancang dan mempresentasikan pola ritme yang mereka ciptakan menggunakan alat musik non-konvensional. Proses ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep ritme, tetapi juga mendorong kreativitas mereka dalam bermusik. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan model pembelajaran musik yang lebih interaktif dan relevan dengan kebutuhan siswa di era pendidikan modern. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dalam bidang pendidikan musik
Tidak tersedia versi lain