Tugas Akhir
“Candu” : Eksplorasi Strategi Komposisi Paduan Suara untuk Menghadirkan Efek Psychedelic
Pengalaman menggunakan obat-obatan psychedelic memiliki efek yang memengaruhi fokus, persepsi ruang waktu, serta kesadaran penggunanya. Efek tersebut dapat diklasifikasi kedalam tiga jenis efek, yaitu dechronization, depersonalization, dan juga dynamization. Ketiga efek ini dijadikan dasar oleh pemusik psychedelic yang dimulai dari era 1960-an sebagai acuan pembuatan musik psychedelic. Upaya dalam mengimitasi ketiga efek tersebut kedalam sebuah musik diperlukan strategi-strategi komposisi tertentu seperti penggunaan efek elektronik, penggunaan timbre non-konvensional, maupun teknik-teknik komposisi yang tidak biasa. Penelitian ini berfokus kepada mengimitasi teknik-teknik komposisi serta pemilihan timbre yang terdapat dalam musik psychedelic untuk sebuah karya paduan suara accapella. Imitasi musik psychedelic ke dalam karya paduan suara diperlukan beberapa observasi dan juga eksperimen, terutama dalam pemilihan timbre yang digunakan serta teknik komposisi yang diperlukan untuk meraih ketiga efek psychedelic. Penuls juga melakukan observasi mengenai sensasi yang dirasakan oleh pendengar dengan memberikan sampel suara dan mewawancarai 5 narasumber mengenai sensasi dan perasaan yang dirasakan. Penelitian ini juga mengukur sejauh mana ketercapaian strategi komposisi mengimitasi efek psychedelic menggunakan teori sensasi yang dibuat oleh Deleuze yang membagi tahap terjadinya sensasi kedalam 4 tahap, yaitu aesthetic comprehension, rhythm, chaos, dan juga force. Melalui hasil analisis, ditemukan bahwa strategi-strategi komposisi yang berbeda menghasilkan efek psychedelic yang berbeda juga terhadap pendengar. Imitasi efek phaser, backward tape, dan delay, serta penggunaan teknik komposisi polyrhythm, metric modulation, serta perubahan sukat membuat efek dechronization dan terjadi di tahap chaos. Imitasi efek echo, delay, backward tape, dan wah-wah, serta penggunaan teknik komposisi klaster nada, microtonal, dan juga recall menyebabkan efek depersonalization yang berada di tahap chaos. Sedangkan imitasi efek wah-wah dan penggunaan timbre non-pitch dengan berbisik memunculkan efek dynamization yang berada di tahap force
Tidak tersedia versi lain