Tugas Akhir
Perancangan mekanika game aksi dan puzzle edukasi the lost realm
Penelitian ini membahas perancangan mekanika game aksi dan puzzle edukasi dalam game "The Lost Realm" dengan tema budaya Candi Prambanan. Penelitian bertujuan untuk merancang mekanika aksi yang menarik, menggabungkan elemen puzzle edukasi interaktif, dan menciptakan pengalaman bermain yang mendidik serta menghibur. Game ini dirancang untuk audiens berusia 13–16 tahun, dengan fokus pada penggabungan mekanika aksi, gameplay edukatif, dan puzzle berbasis logika. Teori-teori seperti mekanika permainan, puzzle, aksi, edukasi, desain komunikasi, dan nilai budaya digunakan sebagai landasan dalam pengembangan game. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu prototipe. Game "The Lost Realm" menggabungkan elemen aksi dan edukasi secara harmonis, mendukung pembelajaran interaktif yang relevan dengan tema budaya. Temuan ini memberikan kontribusi bagi pengembangan game edukasi yang menggabungkan hiburan dan nilai pembelajaran, serta dapat menjadi referensi bagi pengembang game untuk menciptakan pengalaman bermain yang lebih bermakna.
Tidak tersedia versi lain