Tugas Akhir
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Ekstrakurikuler Karawitan Di SMP Negeri 14 Yogyakarta
Permasalahan yang terdapat pada pembelajaran ekstrakurikuler Karawitan di SMP Negeri 14 Yogyakarta yaitu kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler Karawitan. Kurangnya motivasi dan kurangnya minat belajar peserta didik dalam mengikuri ekstrakurikuler. Selain itu sebagian besar peserta didik masih kesulitan memahami serta mempraktikkan tata cara menabuh instrumen yang benar. Penelitian ini mengkaji proses penerapan pembelajaran ekstrakurikuler karawitan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan Subjek pada penelitian ini yaitu guru ekstrakurikuler dan peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler Karawitan. Penelitian ini dilakukan dengan empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berjalan baik sesuai dengan tahapan dan langkah-langkah. Setelah diterapkan model pembelajaran ini terdapat peningkatan minat, motivasi, serta hasil belajar peserta didik. Selain itu, model pembelajaran kooperatif juga dapat meningkatkan komunikasi , kerjasama dalam kelompok, dan menumbuhkan rasa tanggungjawab dalam proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain