Tugas Akhir
Model pembelajaran picture and picture pada tari kreasi untuk anak tunarungu Kelas III di SLB B Karnnamanohara
Proses pembelajaran seni tari pada anak tunarungu sangat memiliki ketergantungan dengan guru, karena siswa tidak dapat mendengar iringan musik sehingga guru selalu menjadi bagian dari pertunjukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Picture and picture pada materi tari kreasi bagi anak tunarungu kelas III di SLB B Karnnamanohara. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III berjumlah 7 orang, sedangkan objek penelitian ini yaitu model pembelajaran Picture and picture pada pembelajaran tari kreasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian, divalidasi menggunakan triangulasi teknik serta dilakukannya analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Picture and picture dapat memudahkan siswa dalam menangkap materi belajar tari dan mengingat ragam gerak dengan berbagai arah hadap dibandingkan dengan metode drill menggunkan media YouTube sebelumnya. Siswa lebih fokus dalam memahami perpindahan gerak dan ragam gerak yang akan digerakan berdasarkan gambar yang sudah disiapkan guru. Selain itu, model ini dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi belajar, tujuan belajar, mengintruksikan gerak melalui gambar sebagai kode transisi perpindahan gerak tari dengan waktu yang lebih singkat dan sederhana menggunakan bahasa isyarat.
Tidak tersedia versi lain