Tugas Akhir
Penerapan metode hand sign kodaly dalam mengenalkan tangga nada diatonis di Kelas 3 SD Negeri 02 Blunyahan Kaliputih Sewon
Membaca solmisasi tangga nada merupakan kemampuan dasar yang penting dalam pembelajaran seni musik, karena mampu melatih kepekaan nada pada anak. Penelitian ini berfokus pada kelas 3 di SD Negeri 02 Blunyahan. Adanya penelitian ini, dikarenakan siswa belum mendapatkan pelajaran musik dari guru pengajar, sehingga ekstrakurikuler drum band menjadi salah satu sarana siswa untuk mendapatkan pengalaman bermusik. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini, menggunakan metode hand sign kodaly agar siswa mampu memahami dan menghafal pola solmisasi tangga nada diatonis dikarenakan terdapat siswa yang tidak memiliki pianika. Proses pengenalan metode hand sign kodaly, dilakukan dengan demonstrasi gerakan yang selanjutnya diikuti oleh siswa. Proses belajar secara kelompok ikut dilibatkan ketika penelitian berlangsung, karena siswa mampu belajar bersama dalam memahami dan menghafal gerakan tangan pada masing-masing solmisasi. Hasil dari penelitian ini disajikan secara deskriptif bahwa siswa mengalami perkembangan dalam memahami teori musik terlebih dalam memahami solmisasi tangga nada diatonis dengan menggunakan metode hand sign kodaly. Siswa-siswi kelas 3 SD sangat terbantu dan secara lebih cepat mampu memahami konsep hand sign kodaly yang digunakan. Lebih daripada itu, atmosfer pembelajaran dikelas menjadi lebih aktif dan interaktif, diwujudkan dari respon siswa dengan secara lebih cepat dan tepat dalam menjawab pertanyaan yang diberikan.
Tidak tersedia versi lain