Tugas Akhir
Peran guru dan pembina dalam kegiatan ekstrakurikuler Reog Sardula Pratama di SMPN 6 Ponorogo
Pendidikan di sekolah merupakan bekal bagi siswa untuk pembentukan karakter. Terdapat pendidikan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, peran guru dan pembina sangat berpengaruh dalam berjalannya proses pembelajaran ekstrakurikuler dengan beberapa kendala yang dihadapi oleh para peserta didik hingga fasilitas yang menghambat kegiatan ekstrakurikuler. Diharapkan para peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam tari Reog Ponorogo tentang ketekunan, ketangguhan, terampil, dan perhatian. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dan pembina pada ekstrakurikuler Reog Sardula Pratama di SMPN 6 Ponorogo. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa peran dan fungsi guru serta pembina ekstrakurikuler sebagai educator, innovator, motivator, dinamisator, evaluator, leader, manager, facilitator, administrator, dan supervisor. Adanya peran dan fungsi guru serta pembina tersebut memberikan pengaruh baik pada ekstrakurikuler Reog sehingga dibuktikan pada pencapaian prestasi yang diraih setiap tahunnya. Kegiatan ekstrakurikuler Reog Ponorogo telah memberikan dampak positif bagi siswa dan sekolah. Siswa dapat mengembangkan potensinya dalam bidang kesenian terutama budaya lokal yang harus dilestarikan serta mendapatkan berbagai kejuaraan dan penghargaan untuk sekolah.
Tidak tersedia versi lain