Tugas Akhir
Retorika visual video iklan kampanye tentang keamanan aset keuangan dari Bank Central Asia
Bank Central Asia merilis kampanye Tolak dengan Anggun dengan video iklan kampanye “Anggun Ketipu? #AwasModus” berusaha mengatasi masalah keamann aset keamanan keuangan yang sering terabaikan meski terdapat banyak kerugian. Saratnya metode komunikasi yang digunakan pada video iklan kampanye tersebut membawa penelitian ini untuk mencari tahu hal tersebut bertumpu pada teori retorika Aristoteles dengan prinsip retorika: ethos, pathos, logos. Yang sebelumnya dibongkar dengan perspektif retorika dan metode generative criticsm dari Sonja K. Foss. Dalam penelitian ini ditemukan elemen-elemen dominan pada video iklan kampanye yang ketika ditelusur lebih dalam mengandung prinsip retorika. Prinsip yang digunakan ialah dengan pathos, yaitu pada visual ekspresi tertawa, kemudian ethos dengan penggunaan budaya selebriti. Lalu prinsip logos melalui lukisan, analogi kunci, dan kamus. Sehingga melalui pengkajian ini ditemukan metode komunikasi persuasi melalui pendekatan emosional, menggunakan retor dengan pemilihan dan penggunaan yang tepat, serta pernyataan yang dirancang agar masuk akal.
Tidak tersedia versi lain