Tugas Akhir
Persepsi siswa laki-laki terhadap pembelajaran tari di SMP Negeri 1 Playen Gunungkidul
Mata Pelajaran Seni Budaya menjadi elemen kunci dalam pelajaran yang memberikan dasar-dasar untuk mengembangkan apresiasi, pemahaman, dan membentuk sikap kreatif. Pada tingkat pendidikan formal di sekolah, pendekatan seni memberikan kesempatan kepada murid untuk menguasai bidang atau keterampilan seni tertentu, tetapi pada pembelajaran tari terdapat adanya hambatan dalam proses pembelajarannya. Kasus yang terjadi di SMP Negeri 1 Playen adanya sebagian siswa laki-laki yang tidak berminat dalam pembelajaran tari menyebabkan siswa laki-laki tidak mengikuti pembelajaran tari dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa laki-laki terhadap pembelajaran tari di SMP Negeri 1 Playen Gunungkidul, dengan menggunakan metode kuantitatif statistik deskriptif. Desain penelitian yang digunakan yaitu dengan desain penelitian survei, untuk meneliti seluruh anggota populasi yang ada. Dari 86 siswa laki-laki yang memperoleh kategori skor tinggi sebanyak 13 (15%), kategori skor sedang sebanyak 61 (71%), dan kategori skor rendah sebanyak 12 (14%). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa laki-laki di SMP Negeri 1 Playen pada kategori sedang atau masih dalam ukuran moderat.
Tidak tersedia versi lain