Tugas Akhir
Eksperimentasi interpretasi Bunraku dalam imajinsi suluk untuk cello karya Toshiro Mayuzumi
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek sulukan secara umum lalu menghadirkan citra lokal tersebut dalam repertoar Bunraku melalui re-interpretasi instrumen cello. Re-interpretasi sendiri merupakan pembacaan ulang bagianbagian dari Bunraku yang dapat dirubah atau disesuaikan agar menjadi suatu kesatuan representasi bunyi baru, teori yang digunakan mengacu pada kebaruan, penggabungan gaya musikal, inovasi instrumen, dan konservasi dan atau inovasi. Melalui metode practice led research, eksperimen ini mengeksplorasi idiom sulukan didalam struktur musik Bunraku berdasarkan data. Data mengenai idiom sulukan diperoleh berdasarkan hasil wawancara yang kemudian disimpulkan kedalam berbagai aspek. Hasilnya, Bunraku dapat dire-interpretasi dalam nuansa bunyi gamelan suluk melalui beberapa aspek diantaranya perubahan sistem nada atau tangga nada, adaptasi bunyi, dan adaptasi teknik permainan dan atau adaptasi instrumen. Kesimpulannya, untuk memunculkan kesan suluk pada Bunraku dapat dicapai dengan mengubah sistem nada, teknik permainan atau instrumentasi dan, ciri-khas permainan instrumen suluk. Memunculkan nuansa suluk pada Bunraku tidak memerlukan gaya permainan khusus. Hal ini dikarenakan sulukan secara umum cukup terbuka dalam gaya permainan berdasarkan instrumen yang dirujuknya.
Tidak tersedia versi lain