Buku Teks
Ekonomi kreatif ekonomi baru: mengubah ide dan menciptakan peluang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mempengaruhi pola manusia di berbagai bidang. Pola-pola ekonomi, seperti pola produksi, distribusi dan konsumsi mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Demikian pula orentasi ekonomi, berubah dari ekonomi pertanian, ekonomi industri, ekonomi jasa, informasi, ke ekonomi kreatif.
Ekonomi kreatif merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang sedang popu!er di abad ini, karena merupakan materi yang lahir dari kehadiran gelombang ekonomi baru di Abad ke-21. Dengan ekonomi baru ini kita bisa belajar bagaimana mentransformasikan hasil berpikir kreatif, seperti ide, imajinasi, inspirasi, khayalan-khayalan, dan gagasan-gagasan menjadi kekayaan intelektual dan peluang untuk meningkatkan daya saing dan kesejahteraan. Gagasan penyusunan buku yang berjudul Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang ini muncul dan berawal ketika makan sop zuki-zuki, yaitu sop asal negeri Jepang yang salah satu menunya berupa brokoli ditempel baso ikan, kemudian dikemas dan disajikan sedemikian rupa sehingga menarik dan memiliki nilai jual yang tinggi. Hal tersebut membuat penulis berpikr, mengapa bisa? Sebenarnya, semua orang bisa, asal terbiasa untuk berpikir kreatif. Buku ini merupakan hasil kristalisasi pemikiran penulis berdasarkan referensi, hasil studi, hasil penelitian, hasil observasi, pengamatan, dan pengalaman penulis Sesuai dengan tujuannya, buku ini dirancang dan disusun untuk keperluan seperti akademisi, mahasiswa, pelajar, pengusaha, dan siapa saja yang berminat untuk mempelajari usaha-usaha kreatif dalam menciptakan kekayaan intelektual. Buku ini bisa dipelajari secara imajiner, karena isinya selain disajikan dalam bentuk uraian dan contoh, juga disajikan secara dialogis
Tidak tersedia versi lain