Tugas Akhir
Aswada Paramartha: Karakter musikal gamelan sekaten sebagai ide penciptaan komposis karawitan
Penelitian ini merupakan reinterpretasi karakter musikal gamelan Sekaten gaya Yogyakarta kedalam karya komposisi karawitan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui unsur-unsur karakter musikal agung pada gamelan Sekaten dan mengetahui perwujudan komposisi karawitan berkarakter musikal agung yang berpijak pada unsur-unsur karakter musikal agung pada gamelan Sekaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Practice as Research through Performance (Praktik sebagai Penelitian melalui Pertunjukan) yang terdiri dari pra garap (observasi, diskografi, studi pustaka, wawancara), garap (eksplorasi, transkripsi/penotasian, instrumentasi/pemilihan medium, komposisi, praktik/latihan, presentasi musikal), pasca garap. Melalui penelitian ini maka didapatkan unsur-unsur musikal pada gamelan Sekaten dan perwujudan komposisi karawitan hasil reinterpretasi karakter musikal agung pada gamelan Sekaten gaya Yogyakarta. Karakter musikal agung pada sajian gamelan Sekaten memiliki beberapa unsur musikal didalamnya, unsur tersebut yaitu berwibawa dan wingit. Unsur musikal berwibawa dan wingit menjadi pijakan dalam penciptaan karya komposisi karawitan Aswada Paramartha yang berkarakter agung dengan menerapkan beberapa pola musikal seperti penyajian laya tamban, garap soran, garap lirihan dan pilihan nada yang lugas. Komposisi karawitan Aswada Paramarta menggunakan beberapa medium gamelan ageng dengan laras pelog serta penambahan musik barat (string). Kata Kunci : Gamelan Sekaten, Unsur musikal, komposisi
Tidak tersedia versi lain