Tugas Akhir
Pembelajaran musik siswa kelas 5 di SD Negeri Plaosan 5
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa di SD Negeri Plaosan 2 khususnya kelas 5 yang belum mendapatkan materi pembelajaran musik dasar karena belum ada guru yang berlatar belakang pendidikan musik sehingga kegiatan pembelajaran seni disekolah terfokus pada seni rupa dan seni lukis, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah yang menjadi hambatan ketika memberikan materi pembelajaran musik kepada siswa kelas 5 SD Negeri Plaosan 2, dan sekaligus memberikan materi pembelajaran musik dasar kepada siswa kelas 5 SD Negeri Plaosan 2 yang sebelumnya belum pernah diajarkan kepada siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang akan dijabarkan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi visual. Situasi sosial dalam penelitian ini siswa kelas 5 SD negeri Plaosan 2. Instrumen penelitian menggunakan smartphone, keyboard, materi PPT, soal ulangan, dan aplikasi Musecore3. Teknik analisis data penelitian menggunakan tiga cara berdasarkan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa siswa mampu memahami materi pembelajaran musik seperti garis paranada, birama, not balok, tangga nada, dan dapat mengimplementasikannya dalam praktik membaca lagu anak-anak balonku ada lima yang ditulis menggunakan notasi balok.
Tidak tersedia versi lain