Tugas Akhir
Nilai Pendidikan Asah Asih Asuh Dalam Materi Tembang Dolanan Anak Di Sekolah Kasih I-Care Nusantara Borobudur
Perkembangan pariwisata di wilayah Borobudur semakin masif. Sejalan dengan hal tersebut, Sekolah Kasih I-CARE Nusantara memiliki visi untuk dapat meningkatkan SDM bagi anak-anak setempat melalui pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas diupayakan melalui misi penerapan pola asah asih asuh sebagai dasar metode pembelajarannya. Pola ini diterapkan sejalan dengan kemerdekaan belajar dalam prosesnya. Pengajaran yang diberikan bukan hanya berupa pengetahuan, melainkan keterampilan, tata krama, dan pengajaran dasar kehidupan lainnya. Para pengelola juga bertekad untuk dapat terus mewariskan ilmu-ilmu dasar berbasis kebudayaan Jawa bagi para murid, salah satunya melalui pembelajaran materi tembang dolanan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai pendidikan asah asih asuh dalam materi tembang dolanan anak di Sekolah Kasih I-CARE Nusantara Borobudur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus bersifat deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Kasih I-CARE Nusantara Borobudur. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan asah asih asuh dalam materi tembang dolanan anak. Sumber data yaitu pendiri sekolah, pengajar, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat nilai pendidikan asah asih asuh yang ditemukan pada lirik tembang dolanan anak, proses pembelajaran dan sikap pengajar. Nilai asah ditemukan pada proses pembelajaran tembang dolanan anak, nilai asih terdapat pada lirik tembang dolanan anak dan sikap pengajar, nilai asuh ditemukan pada sikap pengajar dan proses pembelajaran. Nilai asih merupakan nilai pendidikan yang paling dominan. Kekhasan penerapan nilai pendidikan asah asih asuh terdapat pada variasi penempatan materi tembang dolanan anak yaitu pada inti kegiatan dan kegiatan penutup.
Tidak tersedia versi lain