Buku Teks
Komunikasi massa
Komunikasi massa menghasilkan suatu produk berupa pesan-pesan komunikasi, selanjutnya produk tersebut disebarkan dan didistribusikan kepada khalayak luas secara terus menerus dalam jarak waktu yang tetap. Komunikasi massa bersifat terbuka artinya komunikasi massa itu ditunjukkan untuk semua orang dan tidak ditunjukkan sekelompok orang tertentu. Oleh karena itu komunikasi massa bersifat umum. Pesan komunikasi massa dapat berupa fakta, peristiwa, atau opini. Kelebihan komunikasi massa dibandingkan dengan komunikasi lainnya, adalah jumlah sasaran khalayak atau komunikan yang dicapainya relative banyak dan tidak terbatas, bahkan lebih dari itu, komunikan yang banyak tersebut secara serempak pada waktu yang bersamaan memperoleh pesan yang sama. Fungsi media massa yang paling jelas adalah menghibur, akan tetapi fungsi terpenting dalam komunikasi massa adalah meyakinkan karena persuasi itu datang dalam banyak bentuk, misalnya mengukuhkan sikap, mengubah sikap, menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu, dan memperkenalkan etika atau menawarkan sistem nilai tertentu.
Tidak tersedia versi lain