Buku Teks
Praktik Menggambar Bidang 2 dan 3 Dimensi untuk Peningkatan Hasil Belajar Seni Rupa
Melalui pembelajaran seni rupa, peserta didik dibiasakan berpikir terbuka, kreatif, apresiatif, empatik serta menghargai perbedaan dan keberagaman. Selain itu, melalui pembelajaran seni rupa, peserta didik diharapkan memiliki kemampuan mengembangkan nilai-nilai estetika, logika dan etika dalam dirinya untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila sesuai Tujuan Pendidikan Nasional (Kemendikbud, 2022). Menurut Kemendikbud (2022), pembelajaran seni rupa bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan kepekaan terhadap estetika, logika dan estetika untuk membantu peserta didik meningkatkan kualitas hidupnya. Di samping itu, kemampuan peserta didik dalam mengamati dan mengalami nilai-nilai keindahan, semakin terasa dalam merespons sebuah gagasan, peluang dan tantangan. Pembelajaran seni rupa juga memiliki karakteristik, yaitu pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, di mana peserta didik memiliki ruang kreativitas untuk menemukan gagasan dan caranya sendiri dalam berkarya, sesuai dengan kemampuan, minat, bakat dan kecepatan belajarnya masing-masing. Melalui pengalaman mengamati, mencipta, menikmati, mengetahui, memahami, bersimpati, berempati, peduli dan toleransi terhadap beragam nilai, budaya, proses dan karya. Selain itu, pembelajaran seni rupa merupakan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, relevan dan mengembangkan keterampilan bekerja dan berpikir artistik bagi kehidupan sehari-hari; merupakan pembelajaran yang merayakan keunikan individu dan bersifat khas/kontekstual sesuai potensi yang dimiliki peserta didik dan berhubungan erat dengan aspek seni dan potensi dalam mendorong kolaborasi interdisipliner, sehingga akan berdampak tidak saja bagi diri peserta didik namun juga bagi lingkungan, sehingga kesadaran akan dampak sebuah karya tersebut akan mendorong juga terbentuknya sikap bertanggung jawab (Kemendikbud, 2022). Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:PrologPembelajaran Seni Rupa Kurikulum MerdekaDasar-Dasar Menggambar (Membuat Garis, Menggambar Bidang 2 dan 3 Dimensi, Praktik Menggambar Bidang 2 dan 3 DimensiKondisi Awal Hasil Belajar Peserta Didik
Tidak tersedia versi lain