Tugas Akhir
Eksplorasi Model Latihan Gerakan Otentik Untuk Stimulasi Respons Emosi Penari
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami cara penarikkan emosi melalui latihan berbasis Authentic Movement (AM). Hal tersebut dikarenakan pentingnya kebutuhan ruang aman dalam latihan tari untuk mendorong ekspresi emosi yang bebas dan mendalam. Penelitian ini mendasarkan pada pengalaman penari emosional dalam menghadapi tekanan emosional yang mempengaruhi tubuh dan pikiran. Mengguanakan teori emosi Lazarus, yang menitikberatkan pada penilaian kognitif karena pengalaman hidup dapat mempengaruhi respon dan ekspresi emosi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, proses latihan dan FGD (Focus Group Discussion) dengan penari. Melalui sesi latihan yang terstruktur namun fleksibel, penari diajak untuk menjalani berbagai tahapan seperti pemaparan narasi pribadi, momen kehadiran, langkah mindful, refleksi cermin, gelombang sensasi dan jurnaling. Proses latihan di rancang memberikan ruang bagi penari untuk mengeksplorasi berbagai gerakan spontan yang muncul dari dalam diri mereka. Hasil latihan ini menunjukkan bahwa penari dapat menemukan ruang aman yang bebas dari penilaian, memberikan rasa lega dan kenyamanan untuk mengekspresikan diri secara autentik. Selain itu juga latihan AM memberikan penari kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengkspresikan emosi yang sulit diungkapkan melalui kata-kata
Tidak tersedia versi lain