Berita

Pameran Koleksi Perpustakaan 2025

Pada Saat Pembelajaran Daring Layanan Perpustakaan Tetap Buka

Lomba Desain Photobooth

Pengumuman Layanan Yudisium-Wisuda

Pengumuman Layanan Perpustakaan Selama Libur Nasional Dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1446 H

Kegiatan Workshop Pemanfaatan Perpustakaan Berjalan Lancar

Kegiatan Tanya Pustakawan #1: Layanan Bebas Pustaka & Unggah Mandiri Berjalan Lancar

Info Wisuda 2025: Tanya Pustakawan #1- Layanan Bebas Pustaka & Unggah Mandiri

Layanan Pengecekan Turnitin

Audit Surveillance ISO 9001:2015 Dan ISO 21001:2018

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta

  • Beranda
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Masuk
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Tugas Akhir

Implementasi literasi digital dalam pembelajaran tari tradisional : Tinjauan dari perspektif guru dan siswa do SMP Negeri 1 Limpung Kabupaten Batang

Sofya Irfana Sulistyorini - Nama Orang;

SMP Negeri 1 Limpung sebagai sekolah pelopor, sekolah adiwiyata, sekolah inspiratif, dan menuju sekolah anak menjadi satu-satunya sekolah di Kecamatan Limpung yang menerapkan literasi digital dalam proses pembelajaran. Literasi digital merupakan pemanfaatan daya guna teknologi dalam meningkatkan daya tarik membaca. Implementasi literasi digital dapat membantu pada proses pembelajaran peserta didik dalam memperoleh informasi dan pengetahuan baru termasuk pembelajaran tari tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan literasi digital dalam pembelajaran tari tradisional yang ditinjau dari perspektif guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu, mendeskripsikan implementasi literasi digital di SMP Negeri 1 Limpung yang ditinjau dari perspektif guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah implementasi literasi digital dalam pembelajaran tari tradisional. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar pembelajaran tari tradisional dan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran tari tradisional di SMP Negeri 1 Limpung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan membandingkan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menurut perspektif guru, literasi digital dalam pembelajaran tari tradisional dapat meningkatkan kemampuan siswa melalui digital skill, digital culture, digital ethics, dan digital safety pada proses pembelajaran.. Menurut perspektif siswa, pembelajaran tari yang menerapkan literasi digital dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, nilai, dan minat siswa dalam pembelajaran tari tradisional. Kendala berasal dari faktor internal yaitu, kurangnya pemahaman siswa dan eksternal yaitu, jaringan tidak stabil serta ponsel yang tidak mendukung membuka web atau aplikasi tertentu. Kegiatan evaluasi dilakukan pada akhir pembelajaran dengan melakukan apersepsi.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi PSP/Sof/i/2024
KT202410393
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - BACA DI TEMPAT
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
PSP/Sof/i/2024
Penerbit
Yogyakarta : Jur. Pendidikan Seni Pertunjukan FSP ISI Yogyakarta., 2024
Deskripsi Fisik
xviii + 145 hal.; 30 cm
Bahasa
INDONESIA
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran
Tari Tradisional
literasi digital
Perspektif guru dan siswa
SMP Negeri 1 Limpung
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Visitor
  • Login Pustakawan

  • Beranda
  • Kirim Saran & Pertanyaan
  • Usul Tambah Koleksi
  • OPAC Pascasarjana
  • Koleksi Digital
  • E-Journal

Tentang Kami

UPA Perpustakaan ISI Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi negeri dengan nilai akreditasi “A” yang didalamnya memberikan beberapa layanan perpustakaan yaitu Layanan sirkulasi, Layanan referensi, Layanan Tugas Akhir (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), Layanan terbitan berkala (jurnal, majalah, koran, buletin, tabloid), Layanan fotokopi, Layanan penelusuran informasi dan pustaka elektronik, Layanan Soedarso corner, dan layanan Journal online. Perpustakaan juga dilengkapi dengan laboratorium komputer dan laboratorium bahasa


Statcounter Statistik Pengunjung Online

Cari

Custom Search



© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik