Tugas Akhir
Implementasi pendidikan karakter dengan bermain instrumen ritmis pada kelompok bermain tunas bangsa utama Grobogan Jawa Tengah
Pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan sejak usia dini. Penerapan melalui bermain instrumen ritmis menjadi salah satu cara di KB Tunas bangsa Utama untuk menanamkan pendidikan karakter karena di dalam permainan ritmis selain proses bermain yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak, terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh jawaban tentang bagaimana bermain instrumen ritmis dapat menumbuhkan nilai-nilai pendidikan karakter serta bagaimana keterkaitan antara permainan instrumen ritmis dengan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk memaparkan proses bermain ritmis secara mendalam serta menggambarkan nilai-nilai yang terkandung di dalam proses bermain di KB Tunas Bangsa Utama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat nilai-nilai yang terkandung di dalam proses bermain ritmis, seperti tanggung jawab, komunikatif, kreatif dan juga disiplin. Nilai-nilai tersebut tidak hanya ditunjukkan secara sesaat, namun juga konsisten dan memiliki peningkatan disetiap pertemuannya. Hal ini dapat menunjukkan bahwa permainan instrumen ritmis dapat digunakan sebagai penanaman pendidikan karakter di KB Tunas Bangsa Utama.
Tidak tersedia versi lain