Tugas Akhir
Penandaan warna pada angklung dan notasi angka untuk meningkatkan pemahaman bermain angklung pada siswa
Penandaan warna dalam ekstrakurikuler angklung dapat menambah pemahaman siswa dalam bermain angklung karena memberikan petunjuk visual yang jelas terkait dengan nada atau not musik yang harus dimainkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler angklung di SD Negeri 1 Sewon. Dalam konteks ini, penggunaan media penandaan warna pada angklung dan notasi angka dapat membantu siswa memahami permainan angklung dengan lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SD Negeri 1 Sewon, Yogyakarta, dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Subjek penelitian adalah siswa kelas dua dan tiga yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler angklung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media penandaan warna mampu mempercepat pemahaman siswa dalam memainkan lagu-lagu pada instrumen angklung, bahkan untuk lagu-lagu yang belum pernah mereka mainkan sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain