Tugas Akhir
Metode Tutor Sebaya Sebagai Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Musik Di SMPK ST Bernardus Madiun
Penelitian ini membahas tentang metode tutor sebaya yang digunakan sebagai strategi pembelajaran ekstrakurikuler seni musik di SMP Katolik Santo Bernardus Madiun. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan serta menganalisis penggunaan metode tutor sebaya dan proses belajar peserta didik pada ekstrakurikuler seni musik tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru ekstrakurikuler seni musik dan peserta didik ekstrakurikuler seni musik SMP Katolik Santo Bernardus Madiun. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, serta studi dokumen. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi, paparan, dan penarikan kesimpulan. Hasil daripenelitian ini ditemukan bahwa penggunaan metode tutor sebaya diterapkan dengan cara memilih siswa yang memiliki kemampuan musik lebih untuk menjadi tutor bagi temannya. Aktivitas pembelajaran tutor sebaya melibatkan pembentukan kelompok-kelompok kecil, dimana setiap kelompok memiliki satu atau dua tutor. Aktvitas ini mencakup praktek bermain alat musik, diskusi kelompok, dan latihan bersama. Metode tutor sebaya, relevan untuk dilakukan dengan terbukti dari semangat belajar dan capaian prestasi yang telah diraih.Penggunaan metode tutor sebaya memiliki potensi baik terhadap seluruh peserta didik karena terbentuk rasa tanggung jawab, interaksi, dan kepedulian antar peserta didik.
Tidak tersedia versi lain