Tugas Akhir
Pemasaran karya seni rupa kontemporer oleh duo seniman 'TEMPA' tahun 2015-2023
Perkembangan pasar seni rupa kontemporer semakin pesat. Namun, tidak semua seniman memiliki keterampilan kewirausahaan yang baik. Kegiatan pemasaran menjadi penting bagi para seniman untuk memperkenalkan produk seni mereka kepada konsumen. Didirikan pada tahun 2015 oleh dua seniman, Rara Kuastra dan Putud Utama, TEMPA telah berhasil memasarkan karya-karya mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik pemasaran karya seni rupa kontemporer oleh TEMPA tahun 2015-2023. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa praktik pemasaran karya seni rupa kontemporer TEMPA menggunakan strategi bauran pemasaran yang mencakup product, price, place, promotion, process, people, dan physical evidence. Melalui keberhasilan penjualan karya seni, TEMPA telah membuktikan efektivitas dari bauran pemasaran yang dilakukan. Kesuksesan ini menjadi bukti bahwa keterampilan kewirausahaan penting bagi seniman untuk meningkatkan penjualan karya seni mereka. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan baru dan kontribusi terhadap literatur akademis tentang pemasaran karya seni rupa kontemporer.
Tidak tersedia versi lain